Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

9 Penyebab Kulit Kering yang Wajib Diwaspadai dan Cara Mudah Mengatasinya

9 Penyebab Kulit Kering yang Wajib Diwaspadai dan Cara Mudah Mengatasinya penyebab kulit kering. ©Shutterstock

Merdeka.com - Permasalahan seperti kulit kering umumnya dapat dialami oleh siapapun dan penyebab kulit kering juga bisa berasal dari berbagai faktor. Adapun tanda-tandanya adalah kulit yang terasa kasar, bersisik, gatal, hingga terlihat kusam. Area tubuh yang terdampak juga tak menentu, terkadang bisa terjadi di bagian kaki, tangan, atau bahkan wajah sekalipun.

Terjadinya kulit kering ini memang bisa mengganggu penampilan secara keseluruhan. Terlebih lagi, kondisi tersebut juga berpotensi memunculkan permasalahan kulit yang lainnya. Di antaranya adalah kulit yang gampang terkena iritasi, kulit yang lebih rapuh dan mudah lecet, hingga terjadinya peradangan. Oleh karena itu, kamu wajib memahami berbagai faktor penyebabnya agar bisa mencegah atau mengatasi permasalahan tersebut bila sudah terlanjur terjadi.

Biasanya, penyebab kulit kering ini bisa juga diakibatkan oleh faktor genetika. Namun, tak jarang pula bila kasus ini dapat terjadi akibat pola hidup kurang sehat yang diterapkan sehari-harinya. Untuk lebih mengetahuinya, berikut berbagai penyebab kulit kering yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Memakai Produk Sabun yang Tidak Sesuai

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Kulit kering yang terjadi bisa saja merupakan akibat dari pemilihan dan pemakaian produk sabun mandi atau sabun cuci wajah yang tidak sesuai. Diketahui bahwa sabun yang tidak cocok dengan kulit akan membuat kelembapannya menjadi berkurang dan jika dipakai secara terus-menerus akan menyebabkan kulit kering serta bersisik. Oleh karena itulah, diperlukan kehati-hatian dalam memilih sabun mandi dan sabun cuci wajah dengan baik dan pas bagi kulit.

2. Terpapar Cuaca Dingin

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Penyebab kulit kering yang satu ini memang umum terjadi dan bisa menimpa siapa saja. Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kulit bisa mengering bila terkena udara atau cuaca dingin? Diketahui bahwa udara atau cuaca dingin mampu menghilangkan kelembapan kulit sehingga mengakibatkannya menjadi kering. Selain itu, kondisi seperti ini juga akan mampu membuat natural barrier (sifat melembapkan kulit secara alami) menjadi rusak dan tak jarang mengakibatkan kulit bersisik hingga iritasi.

3. Udara yang Panas

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Selain cuaca dingin, ternyata udara yang panas juga bisa menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kulit kering. Adanya udara panas yang terpapar pada kulit dapat membuat kelembapannya semakin tergerus sehingga terjadilah kondisi kulit yang mengering. Udara panas penyebab kulit kering ini bukan hanya bersumber dari cuaca saja, melainkan juga berasal dari benda-benda elektronik penghasil panas atau tungku pembakaran.

4. Iritasi Pada Kulit

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Hal lainnya yang mampu membuat kulit menjadi kering adalah iritasi. Terjadinya iritasi pada kulit sendiri dapat berasal dari beberapa faktor pemicu, misalnya saja penggunaan produk perawatan kecantikan yang mengandung bahan pewangi. Melansir dari everydayhealth.com, penggunaan produk wangi-wangian yang menyebabkan iritasi ini nantinya dapat berakhir menimbulkan kondisi kulit kering dan kulit bersisik.

Bukan itu saja, risiko pemakaian produk tersebut juga mampu menimbulkan reaksi alergi serta masalah lainnya pada lapisan kulit. Meski begitu, kamu jangan terlalu khawatir dulu. Sebab, hal-hal seperti ini biasanya akan timbul bila diiringi dengan pemakaian produk dalam jangka waktu lama.

5. Faktor Genetika

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Selain dari faktor eksternal, kulit kering yang sering dialami ini ternyata juga bisa berasal dari faktor internal. Adapun hal tersebut merupakan faktor genetika yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Anggota keluarga yang mengalami permasalahan kulit, seperti kulit kering, dipercaya menjadi alasan kuat mengapa seseorang juga bisa mendapatkan kondisi yang serupa.

Tentu, dengan faktor genetika ini, peluang berkembangnya kondisi kulit yang kering juga akan semakin besar. Misalnya saja kondisi tersebut dapat memicu dermatitis atopik, permasalahan kulit yang umum terjadi.

6. Terlalu Sering Mencuci Wajah

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Mencuci wajah menggunakan sabun cuci wajah merupakan salah satu rangkaian skincare yang perlu dilakukan. Dengan mencuci wajah, maka kotoran dan debu yang menempel pun akan bisa bersih secara tuntas. Meski begitu, kebiasaan mencuci wajah yang terlalu sering ternyata dapat menghilangkan kelembapan pada kulit dan menjadikannya lebih kering.

Sebab, sabun cuci wajah sendiri dapat mengurangi minyak alami pada kulit wajah dan memicu terjadinya kulit yang terasa kering. Oleh karena itu, menyeimbangkan waktu cuci wajah yang tepat harus bisa diterapkan agar dapat terhindar dari kondisi kulit tersebut.

7. Sering Menggosok Wajah

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Sering menggosok wajah ternyata jadi salah satu penyebab kulit kering lainnya. Ini karena kebanyakan orang menggosok wajah mereka menggunakan batu, spons, atau flannel, yang berpotensi mengikis kelembapan kulit alami dan bahkan bisa menimbulkan risiko terkena iritasi.

Walaupun tujuannya untuk membersihkan kotoran yang menempel serta mengangkat sel-sel kulit mati, namun melakukan aktivitas ini dengan terlalu sering nyatanya tetap akan memberikan efek samping tertentu. Jadi, pastikan untuk melakukan kegiatan eksfoliasi dengan tepat dan seimbangkan pula dengan waktunya.

8. Faktor Usia

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Adapun alasan lainnya mengapa kulit kering bisa terjadi adalah dikarenakan faktor usia. Seseorang yang memiliki usia lebih tua biasanya lebih rentan mengalami kondisi kulit kering dibandingkan mereka yang masih berusia belia. Pasalnya, saat usia semakin bertambah, maka kulit seseorang juga akan menjadi lebih tipis sehingga mudah mengalami kerapuhan dan kelembapannya pun perlahan menghilang. Selain itu, usia yang semakin tua nyatanya juga dapat mengurangi kolagen dan sebum pada kulit.

9. Jarang Minum Air Putih

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Tubuh bisa mengalami dehidrasi bila tak mendapatkan cukup cairan. Kondisi yang seperti ini bisa saja memicu permasalahan lainnya, misalnya kulit menjadi kering dan bersisik. Perlu diketahui bahwa salah satu kunci agar kulit tetap lembap dan kenyal adalah dengan menjaga kadar air di dalam tubuh. Sebaliknya, jika kadar air tak tercukupi, maka sel-sel kulit bisa mengalami dehidrasi dan berujung pada kondisi kulit kering, kusam, bersisik, mudah meradang, dan wajah pun akan tampak menua.

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Perawatan kulit kering bisa diterapkan untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah. Hal utama yang perlu dilakukan tentu saja dengan menjaga kulit supaya tetap lembap dan sehat. Adapun berbagai tipsnya adalah sebagai berikut.

Rajin Membersihkan Kulit dengan Lembut

Tips mengatasi kulit kering yang bisa dicoba adalah dengan rajin membersihkan kulit menggunakan berbagai jenis produk yang lembut. Ini karena memakai produk skincare yang mengandung bahan-bahan keras justru akan mengangkat minyak alami kulit dan menyebabkannya menjadi kering serta mudah terkena iritasi.

Jika kamu merasa kulit menjadi lebih kencang dan kering setelah menggunakan produk pembersih tertentu, maka ada kemungkinan jika produk tersebut mengandung komposisi bahan yang terlalu keras bagi kulit. Untuk itulah, saat mencari produk pembersih yang tepat, usahakan agar menghindari kandungan alkohol, sodium lauryl sulfate, dan zat pewangi agar kelembapan kulit bisa tetap terjaga.

Perbanyak Asupan Air Putih

Memperbanyak asupan air putih bisa menjadi obat kulit kering yang alami. Ini karena air sendiri sangat dibutuhkan agar kolagen di dalam tubuh dapat bekerja secara sempurna. Seperti yang diketahui, bahwa kadar kolagen yang cukup di dalam tubuh dapat membantu membuat kulit menjadi terhidrasi, padat, dan elastis.

Di sisi lain, tubuh manusia terdiri dari hampir 80% air. Sehingga, apabila kadar air di dalam tubuh berkurang, maka organ-organ yang ada di dalamnya pun juga akan terdampak, termasuk pula organ kulit. Alhasil, kulit bisa menjadi lebih mudah kering dan bersisik.

Gunakan Produk Pelembap Kulit

Cara mengatasi kulit kering yang selanjutnya adalah dengan rutin menggunakan produk pelembap kulit. Memakai pelembap pada kulit dapat membantu menjaga lapisan pelindung kulit dari kerusakan dengan cara menjaga kelembapannya.

Untuk mendapatkan kelembapan yang terjaga sepanjang hari, maka pilihlah produk yang memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi. Misalnya saja seperti produk yang mengandung ceramide, shea butter, gliserin, asam stearat, dan asam laktat.

Adapun waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelembap pada kulit adalah pada saat setelah mandi, di mana kulit dapat menyerap lotion yang dipakai dengan sempurna. Setidaknya, pakai produk skincare ini sebanyak dua kali sehari agar kulit bisa terhidrasi dan tidak kering.

Konsumsi Makanan yang Sehat

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Melakukan perawatan kulit kering juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Pasalnya, tak cuma cairan saja yang dibutuhkan oleh kulit, namun juga berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya.

Untuk kulit sendiri, biasanya vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, C, E, dan K yang mampu meremajakan dan menjaga kolagen kulit. Sehingga, kulit bisa menjadi lebih sehat, kuat, dan awet muda. Adapun bermacam-macam kandungan nutrisi ini, bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Selain itu, nutrisi penting lainnya seperti lemak tak jenuh juga diperlukan bagi kulit. Sebab, jenis lemak baik ini dipercaya dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi ini dari ikan salmon, buah alpukat, serta kacang-kacangan.

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati, sehingga krim pelembap untuk kulit kering bisa meresap dengan sempurna hingga ke lapisan terdalam.

Meskipun memiliki kegunaan yang baik, namun ada baiknya untuk tidak melakukan hal ini setiap hari. Sebab, keseringan melakukan eksfoliasi terhadap kulit bisa berisiko menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya. Untuk itu, cukup lakukan eksfoliasi sebanyak satu kali seminggu menggunakan scrub yang mengandung bahan-bahan lembut dan aman dipakai.

Manfaatkan Bahan-Bahan Alami

10 penyebab kulit kering yang wajib diwaspadai dan cara mudah mengatasinya©Shutterstock

Mengatasi kulit kering ternyata juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kamu. Selain lebih terjangkau, metode ini juga aman dan sangat praktis diterapkan. Adapun bahan-bahan alami tersebut bisa berupa madu dan minyak zaitun.

Tentunya kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami ini dengan menjadikannya masker dan dipakai secara rutin untuk mendapatkan manfaat baik guna mengatasi masalah kulit kering. Selain itu, cara alami seperti ini juga memiliki efek antioksidan, antiradang, hingga antimikroba. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba tips yang satu ini.

Nah, itu tadi berbagai penyebab kulit kering dan cara mudah untuk mengatasinya. Karena kulit ini merupakan bagian yang penting dan berharga, sudah sepatutnya bila kamu menjaga serta merawatnya dengan sangat baik. Sehingga, beragam masalah seperti kulit yang kering pun dapat dengan mudah dihindari.

(mdk/)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala, Lakukan Hal Ini
Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala, Lakukan Hal Ini

Jerawat di kulit kepala dapat terasa gatal, kadang juga bisa meradang dan menyebabkan nyeri.

Baca Selengkapnya
Kulit Kering Bisa Disebabkan 10 Hal Ini, Berikut Cara Atasi dan Mencegahnya!
Kulit Kering Bisa Disebabkan 10 Hal Ini, Berikut Cara Atasi dan Mencegahnya!

Kulit kering kerap dialami oleh sebagian orang dan terkadang membuat estetika semakin berkurang.

Baca Selengkapnya
Cara Atasi Keriput Wajah dan Kulit Kendur Hanya dengan 1 Buah, Langsung Tampak Awet Muda
Cara Atasi Keriput Wajah dan Kulit Kendur Hanya dengan 1 Buah, Langsung Tampak Awet Muda

Kulit keriput dan kendur adalah masalah kulit yang muncul seiring bertambahnya usia. Yuk, simak cara mengatasi keduanya hanya dengan satu jenis buah ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Cara Mengatasi  Biang Keringat pada Bayi, Orang Tua Wajib Tahu
5 Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi, Orang Tua Wajib Tahu

Biang keringat pada bayi adalah kondisi di mana kelenjar keringat mengalami penyumbatan atau iritasi.

Baca Selengkapnya
10 Penyakit Kulit yang Mengintai Kucing Kesayanganmu, Waspada!
10 Penyakit Kulit yang Mengintai Kucing Kesayanganmu, Waspada!

Seperti manusia, kucing juga rentan terhadap berbagai jenis penyakit kulit yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatannya.

Baca Selengkapnya
8 Cara Mengatasi Kulit Belang dengan Efektif, Lakukan Hal Ini
8 Cara Mengatasi Kulit Belang dengan Efektif, Lakukan Hal Ini

Kulit belang dapat muncul sebagai bercak, noda, atau flek pada wajah, leher, tangan, atau area tubuh lainnya.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Hanya Campurkan 3 Bahan Rahasia Ini
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Hanya Campurkan 3 Bahan Rahasia Ini

Salah satu permasalahan kulit yang umum terjadi ketika seseorang semakin menua adalah kulit kendur. uk, simak cara mengencangkan kulit secara alami!

Baca Selengkapnya
Atasi Masalah Kulit Kering dan Dehidrasi Menggunakan 5 Makanan Ini
Atasi Masalah Kulit Kering dan Dehidrasi Menggunakan 5 Makanan Ini

Kondisi kulit kering dan dehidrasi rentan dialami di cuaca seperti sekarang dan bisa diatasi dengan sejumlah makanan.

Baca Selengkapnya
Penyakit yang Sebabkan Keringat Dingin, Bukan cuma Masuk Angin
Penyakit yang Sebabkan Keringat Dingin, Bukan cuma Masuk Angin

Keringat dingin bukan seperti keringat biasanya yang muncul saat olahraga atau cuaca panas. Keringat ini muncul ketika tubuh mengalami kondisi tertentu.

Baca Selengkapnya