9 Kandungan Alami untuk Atasi Warna Kulit Tidak Merata

Sabtu, 31 Agustus 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
9 Kandungan Alami untuk Atasi Warna Kulit Tidak Merata Ilustrasi rosehip oil. © iStock

Merdeka.com - Siapa yang tidak ingin memiliki kulit halus dengan warna yang merata? Setidaknya itulah hasil yang ingin dicapai sebagian besar wanita dengan berbagai step skincare. Tetapi warna kulit yang tidak merata juga menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang.

Menurut artikel lansiran Healthline, uneven skin tone alias warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan berbagai faktor. Misalnya saja paparan sinar ultraviolet, usia, medikasi, dan hormon. Walaupun begitu banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatasinya. Antara lain kandungan-kandungan alami yang bisa ditemukan di produk kecantikan berikut ini.

1 dari 9 halaman

Vitamin C

Antioksidan yang satu ini bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan inilah yang kerap menjadi biang keladi warna kulit tak merata.

Anda bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen makanan atau bahan aktif di dalam produk kecantikan yang Anda gunakan setiap hari.

2 dari 9 halaman

Niacin

Nutrisi yang satu ini esensial untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Melalui hidrasi, niacin bisa membantu meratakan warna kulit, mengurangi penampilan kerut, dan mencerahkan secara alami.

3 dari 9 halaman

Air Lemon

Berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya, air perasan lemon cukup efektif untuk meratakan warna kulit dan mencerahkannya. Terapkan air perasan lemon pada kulit wajah setidaknya dua kali sehari.

Jika Anda memiliki kulit yang tergolong sensitif, sebaiknya pilih kandungan-kandungan lain yang disebutkan di dalam artikel ini. Pasalnya, sifat asam air perasan lemon juga bisa membuat kulit sensitif mengalami iritasi.

4 dari 9 halaman

Rosehip Oil

Bukan tanpa alasan jika selebriti seperti Kate Middleton, Miranda Kerr, dan Gwyneth Paltrow memanfaatkan rosehip oil untuk perawatan kecantikan. Rosehip oil bisa membantu memulihkan warna kulit yang tidak merata akibat usia atau luka. Asam lemak Omega-3, Omega-6, Omega-7, Omega-9, dan karotenoid yang dikandungnya ampuh untuk regenerasi kulit serta mencegah timbulnya kerut. Terapkan pada kulit secara langsung, minimal sekali sehari.

5 dari 9 halaman

Nigella Sativa (Blackseed Oil)

Nigella sativa atau blackseed oil bisa membantu mengatasi infeksi kulit karena khasiat antibakteri dan antijamur yang dikandungnya. Antioksidan dan khasiat antiinflamasi di dalam blackseed oil juga bisa membantu meratakan warna kulit dan menjadikan kulit lembut. Sebuah penelitian bahkan menyebut blackseed oil efektif untuk meringankan kondisi vitiligo tanpa efek samping.

6 dari 9 halaman

Kojic Acid

Kandungan ini kerap ditemukan di dalam produk pencerah kulit. Kojic acid adalah kombinasi berbagai jenis jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi makanan, antara lain sake Jepang, kecap, dan anggur beras.

Fungsi kojic acid adalah menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Sementara melanin adalah pigmen yang berperan dalam penggelapan warna kulit. Cosmetic Ingedient Review Expert Panel memutuskan kojic acid aman untuk digunakan sebagai bahan kosmetik dengan konsentrasi tak lebih dari 1 persen.

7 dari 9 halaman

Enzyme Peel

Enzyme peel adalah produk pengelupas kulit mati yang memanfaatkan eksfoliator alami dari enzim tumbuh-tumbuhan. Bahan yang paling sering digunakan dalam produk seperti ini biasanya enzim pepaya, nanas, delima (pomegranate), dan blueberry.

Enzyme peel bekerja lebih cepat dibandingkan scrub karena cara kerjanya adalah dengan mempercepat proses reaksi kimia yang dibutuhkan untuk regenerasi sel kulit. Selain mengangkat kulit mati, enzyme peel juga memudarkan bekas luka, stretchmark, garis halus, warna kulit yang tidak merata, dan flek.

8 dari 9 halaman

Glycolic Acid

Asam glikolat (glycolic acid) dapat membantu mengobati jerawat, bekas luka, dan flek akibat sinar matahari, dan kerutan. Asam glikolat bekerja dengan menembus lapisan kulit, membantu mengelupas sel-sel tua, dan menggantinya dengan sel baru yang lebih sehat.

9 dari 9 halaman

Asam Salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) adalah kandungan yang ditemukan di dalam produk-produk antijerawat. Kandungan yang satu ini cenderung lebih ringan daripada asam salisilat. Ampuh untuk mengelupas lapisan sel kulit yang rusak, menghaluskan jaringan parut, dan meratakan warna kulit.

Demikian kandungan-kandungan alami yang bisa membantu mengatasi warna kulit tidak merata. [tsr]

Baca juga:
Tips-Tips Diet yang Ampuh untuk Atasi Masalah Jerawat
Kantung Mata Bengkak dan Gelap? Vitamin K Solusinya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini