6 Perawatan ini ampuh untuk rambut yang rusak parah

Rabu, 15 Maret 2017 10:50 Reporter : Tantri Setyorini
6 Perawatan ini ampuh untuk rambut yang rusak parah Ilustrasi rambut rusak. ©Garnier

Merdeka.com - rambut rusak bisa terjadi karena berbagai macam hal. Terlalu sering bersentuhan dengan styling product, kurang perawatan, atau terlalu sering ganti warna rambut bisa jadi salah satu penyebabnya. Kalau kerusakan rambut sudah parah, tak banyak yang bisa dilakukan. Tetapi bukan berarti tak perlu dirawat lagi.

Meskipun butuh waktu lebih lama daripada biasanya, kamu bisa mengembalikan kondisi rambut yang rusak seperti semula. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan secara rutin, dilansir dari Boldsky.

Tips 1: Potong ujung rambut yang rusak

Trimming atau pemotongan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan kalau rambut benar-benar rusak. Potong bagian ujung yang benar-benar rusak saja.

Tips 2: Gunakan sampo pada area kulit kepala saja

Kalau rambut sudah rusak, kemungkinan busa sampo saja bisa menjadikan rambut semakin kering dan mudah patah. Karena itu fokuskan penggunaan sampo pada area kulit kepala saja. Biasanya penyebab bau tak sedap, lepek, dan ketombe hanya terpusat di kulit kepala, kok.

Tips 3: Gunakan kondisioner

Kalau rambutmu bercabang, apalagi kering dan kasar, sebaiknya jangan pernah lupakan kondisioner saat keramas. Gunakan mulai dari pertengahan hingga ujung rambut saja agar nantinya tidak mudah lepek.

Tips 4: Pakai masker rambut

Jangan malas menggunakan masker rambut, satu atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang dari rambut.

Pilih bahan-bahan alami berkhasiat seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan. Terapkan pada rambut, kemudian tutupi dengan handuk bersih atau topi mandi. Diamkan selama 1 jam, kemudian bilas hingga benar-benar bersih.

Tips 5: Lakukan pemijatan dengan hot oil

Untuk rambut yang rapuh, lakukan perawatan dengan hot oil. Panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola, atau rapeseed sampai hangat, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala. Pemijatan akan melancarkan sirkulasi darah dan menjadikan kulit kepala serta akar rambut lebih sehat.

Tips 6: Imbangi dengan konsumsi nutrisi yang baik

Kadang rambut yang kering bisa disebabkan oleh gizi yang buruk. Jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Vitamin A, vitamin B, protein, dan zinc merupakan beberapa di antaranya.

Itulah beberapa tips untuk merawat rambut benar-benar rusak yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Lakukan secara teratur dan lihat sendiri hasilnya. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini