Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Resep Minuman Tradisional yang Enak dan Berkhasiat untuk Tubuh

5 Resep Minuman Tradisional yang Enak dan Berkhasiat untuk Tubuh Ilustrasi STMJ. ©Shutterstock

Merdeka.com - Pada musim hujan seperti saat ini, perubahan suhu yang ekstrem membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Minuman tradisional bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan.

Berikut ini resep-resep minuman tradisional yang enak dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari beras kencur sampai wedang uwuh.

1. Beras Kencur

ilustrasi beras kencur

iStock

Beras kencur memiliki aroma yang khas. Cocok untuk mereka yang sedang mengalami masuk angin. Juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak.

Bagaimana cara membuat jamu beras kencur yang enak? Berikut ini kami suguhkan resep yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Bahan:

1500 ml air 150 gram gula jawa 125 gram kencur 50 gram beras putih 5 sendok makan gula pasir 5 cm jahe 1/2 sendok makan asam jawa

Cara Membuat Jamu Beras Kencur:

Cuci bersih beras, kemudian rendam dalam air selama 1 jam. Setelah itu sisihkan. Rebus asam jawa, gula pasir, gula merah dan jahe dengan air sampai mendidih. Setelah itu tunggu sampai agak dingin dan saring airnya. Sisihkan. Cuci bersih kencur yang masih segar, kemudian kupas kulitnya dan potong-potong. Tiriskan air rendaman beras yang sudah direndam tadi. Blender beras, kencur, dan air rebusan gula tadi hingga halus. Saring jamu beras kencur. Kemudian peras ampas blenderan tadi sampai benar-benar kering. Sajikan beras kencur dengan es batu atau simpan terlebih dahulu di dalam kulkas.

Demikian cara membuat jamu beras kencur yang segar dan nikmat. Jamu ini akan menghasilkan buih dan rasa pengar jika disimpan terlalu lama, terutama di suhu ruangan. Jadi sebisa mungkin jangan sampai 'menginap' lebih dari sehari.

2. Kunyit Asam

asam

Cookpad/Tiya Christya

Kunyit asam dikenal sebagai minuman kesehatan untuk wanita. Jamu yang satu ini dipercaya bisa melancarkan haid, mengatasi bau badan, dan menghaluskan kulit. Selain baik untuk wanita, khasiatnya juga bisa dirasakan semua orang. Pasalnya kunyit memang kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Bagaimana cara membuat jamu kunyit asam?

Berikut ini kami tampilkan resep sederhana untuk membuat jamu kunyit asam yang enak.

Bahan:

600 ml air

100 gram gula jawa

20 gr asam jawa

8 buah kunyit ukuran besar

Cara Membuat Jamu Beras Kencur:

Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.

Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.

Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ke dalam gelas atau botol.

Demikian cara membuat jamu kunyit asam tradisional. Sajikan kunyit asam dalam keadaan hangat atau dingin.

Catatan:Gula jawa bisa diganti dengan gula pasir. Tetapi rasanya bakal sedikit berbeda. Warnanya pun lebih pucat.Jika Anda tidak menyukai kunyit asam yang terlalu manis, silakan dikurangi takaran gula yang dipakai.

Itulah cara membuat jamu beras kencur dan cara membuat jamu kunyit asam dengan cara tradisional. Cukup mudah, kan?

3. Wedang Tolak Angin

ilustrasi wedang tolak angin

iStock

Anda bisa mengonsumsi jamu tolak angin dalam kemasan yang banyak tersedia di minimarket atau toko langganan. Tapi kalau ingin mencoba membuat sendiri, berikut Merdeka.com punya resep wedang tolak angin yang sarat rempah berkhasiat.

Bahan:

2 gelas belimbing air 5 cm jahe 1 sendok teh jeruk nipis 1/4 sendok teh bubuk pala 3 butir cengkih 1 batang serai 2 sendok makan madu murni 3 lembar daun mint

Cara Membuat Wedang Tolak Angin:

Panaskan air di panci, kemudian rebus bersama pala, cengkih, jahe yang sudah dimemarkan, dan serai utuh yang sudah dimemarkan juga. Rebus sampai air mendidih, kemudian masukkan daun mint, air perasan jeruk nipis, dan madu sebelum diangkat dari kompor. Tunggu sampai wedang tolak angin agak dingin, kemudian saring ke dalam gelas saji.

Demikian resep wedang tolak angin buatan rumah untuk Anda. Jika rasanya masih kurang manis menurut selera Anda, tambahkan madu saat penyajian.

4. STMJ

ilustrasi stmj

Shutterstock

Salah satu jenis minuman hangat yang populer dikonsumsi adalah STMJ, singkatan dari susu-telur-madu-jahe. Minuman ini memang dibuat dari empat bahan tersebut. Kadang ada pula yang menambahkan kunyit untuk khasiat lebih atau kayu manis untuk khasiat menghangatkan yang lebih baik.

Bagaimana cara membuat STMJ sendiri di rumah? Berikut ini kami tampilkan resep lengkap yang bisa dipraktikkan.

Bahan (untuk 1 porsi):

300 ml susu cair 5 cm jahe, memarkan 3 sendok makan madu murni 1 butir telur ayam kampung 1/2 sendok teh merica bubuk (opsional)

Cara Membuat STMJ:

Rebus susu dengan jahe yang sudah dimemarkan sampai mendidih. Tuang susu dan jahe yang sudah direbus tadi ke dalam gelas. Masukkan telur ayam kampung ke dalam susu jahe, kemudian aduk dengan cepat agar tidak menggumpal. Tambahkan merica bubuk (opsional) 3 sendok makan madu atau sesuai selera. Aduk hingga benar-benar rata.

Sajikan STMJ atau susu-telur-madu-jahe selagi masih panas.

5. Kembang Tahu (Tahwa)

ilustrasi tahwa atau wedang tahu

Shutterstock

Biasanya kita lebih sering menyantap wedang tahu yang dibeli di gerobak kaki lima daripada bikinan sendiri. Soalnya membuat kembang tahu untuk wedang tahu atau tahwa memang sedikit ribet, tetapi bukan berarti susah.Berikut ini resep wedang tahu atau tahwa yang bisa dicoba di rumah.

Bahan Tahu Sutera:

1000 cc susu kedelai 125 gram gula pasir 4 gram agar-agar putih bubuk, cairkan dengan 50 ml air 1/2 sendok teh garam

Kuah Jahe:

1000 cc air 250 gram gula pasir 100 gram gula merah 150 gram jahe, memarkan 3 lembar daun pandan 2 lembar daun jeruk 3 cm kayu manis 3 butir cengkeh 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Kembang Tahu:

Rebus susu kedelai hingga mendidih, lalu tambahkan agar-agar, gula, dan garam hingga mendidih. Diamkan hingga membeku. Rebus gula merah, gula pasir, jahe, daun pandan, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan garam hingga gula larut dan wangi. Saring agar hasil akhir kuah jahe bening.

Sajikan tahu sutera dengan kuah jahe yang sudah dibuat dalam keadaan hangat. Bisa juga dilengkapi kacang tanah goreng dan cakue.

6. Wedang Serai Jeruk Nipis

serai

Shutterstock

Berikut ini kita akan belajar cara membuat wedang serai, minuman kesehatan dan kecantikan yang sangat cocok untuk musim hujan ini. Dipadu dengan jeruk nipis, jahe, dan madu yang masing-masing juga berkhasiat untuk kecantikan.

Bahan:

5 cm jahe merah/putih segar 3 sendok makan madu organik 1 batang serai 1 sendok makan air perasan jeruk nipis/lemon 500 ml air

Cara membuat wedang serai jeruk nipis:

Cuci bersih serai dan jahe. Setelah itu geprek hingga memar. Panaskan air, kemudian masukkan jahe dan serai. Tuangkan juga air perasan jeruk nipis. Setelah wedang mendidih dan berbau harum, angkat dari kompor. Sajikan wedang serai jeruk nipis di gelas tinggi agar tak cepat hilang panasnya. Tuangkan madu organik agar terasa manis, kemudian aduk.

Wedang serai jeruk nipis juga bisa dihidangkan bersama beberapa butir cengkeh agar semakin beraroma.

(mdk/tsr)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP