5 Kesalahan Merawat Rambut yang Ternyata Bisa Mempengaruhi Kondisinya, Apa Saja?

Selasa, 12 April 2022 17:18 Reporter : Wuri
5 Kesalahan Merawat Rambut yang Ternyata Bisa Mempengaruhi Kondisinya, Apa Saja? 5 Kesalahan Merawat Rambut yang Ternyata Bisa Mempengaruhi Kondisinya, Apa Saja?. ©Shutterstock

Merdeka.com - Rambut yang terlihat cantik jelas jadi salah satu faktor yang mempengaruhi penampilan perempuan. Nggak heran kalau sebagian perempuan rela mempercantik diri dengan melakukan berbagai hal untuk membuat ‘mahkota’ tersebut terlihat lebih on point.

Namun, tahu nggak sih kalau ternyata ada kebiasaan sehari-hari yang ternyata berpotensi mempengaruhi kondisi rambut kesayanganmu? Biar nggak salah kaprah dalam merawat rambut, yuk baca dulu informasi selengkapnya di sini!

Terlalu Sering Menyisir

5 kesalahan merawat rambut yang ternyata bisa mempengaruhi kondisinya apa saja
©Shutterstock

Menyisir rambut agar terlihat lebih rapi dan on point memang penting. Selain itu, kegiatan yang satu ini juga dapat membantu distribusi minyak dari kepala ke seluruh batang rambut agar terjaga kelembapannya. Tapi, coba ingat-ingat dulu, seberapa sering sih kamu menyisir rambut?

Tahu nggak sih kalau terlalu sering menyisir rambut ternyata bisa menyebabkan rambut rontok? Yup, rambut yang tertarik selama proses menyisir bisa melemahkan bagian akarnya. Jika dilakukan terlalu sering dan berulang-ulang, ternyata bisa membuat rambut jadi gampang rontok.

Keramas dengan Air Panas

5 kesalahan merawat rambut yang ternyata bisa mempengaruhi kondisinya apa saja
©Shutterstock

Kalau ada yang pernah mendengar keramas dengan air panas bisa membuat rambut lebih higienis karena dapat membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di area tersebut, salah banget. Pernyataan tersebut ternyata hanya mitos. Faktanya, keramas dengan air panas malah bisa mengganggu kesehatan rambut.

Selain bisa membuat kulit kepala jadi iritasi, air panas juga bisa membuat rambut semakin terlihat kering dan pecah-pecah. Nggak cuma itu saja, air panas juga bisa membersihkan minyak alami di kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala jadi terasa sangat kering dan rentan mengalami berbagai masalah.

Jarang Trim Rambut

5 kesalahan merawat rambut yang ternyata bisa mempengaruhi kondisinya apa saja
©Shutterstock

Sebagian perempuan yang ingin memanjangkan rambut sampai rela nggak ke salon hingga berbulan-bulan demi rambut panjang impian. Tapi, ternyata kebiasaan ini juga mempengaruhi kondisi rambut, lho.

Penting untuk melakukan trim rambut setiap 2 bulan sekali untuk menghilangkan bagian bawah rambut yang kering dan bercabang. Proses ini perlu dilakukan secara rutin sebelum ujung yang kering dan bercabang menyebar ke bagian rambut lainnya. Jadi, jangan sampai lewatkan rutinitas perawatan rambut yang satu ini, ya!

Jarang Keramas

5 kesalahan merawat rambut yang ternyata bisa mempengaruhi kondisinya apa saja
©Shutterstock

Beberapa di antara kamu mungkin merasa malas keramas karena berbagai alasan. Mulai dari nggak sempat karena sibuk hingga takut melihat rambut yang rontok. Eits, kebiasaan yang satu ini ternyata kurang baik untuk menjaga kesehatan mahkota indahmu, lho.

Keramas adalah salah satu perawatan rambut rutin untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari minyak, kotoran, dan keringat yang menumpuk. Jadi, penting untuk memberikan jadwal rutin keramas, idealnya adalah 3-4 kali seminggu. Kalau bermasalah dengan rambut rontok, jangan malah bersembunyi di balik alasan malas keramas.

Jika bermasalah dengan rambut rontok, segera cari tahu sampo anti rambut rontok yang bisa membantu mengurangi masalah kerontokan rambut. Jangan lupa gunakan produk penunjang lainnya seperti vitamin rambut atau hair mask yang dapat menjaga kesehatan rambut lebih optimal.

Hindari beberapa kesalahan dalam melakukan perawatan rambut di atas untuk menjaga kesehatan rambutmu secara menyeluruh ya!

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Perawatan Rambut
  3. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini