4 K-drama Bertema Literasi untuk Bangkitkan Minat Membacamu

Kamis, 25 April 2019 00:00 Reporter : Tantri Setyorini
4 K-drama Bertema Literasi untuk Bangkitkan Minat Membacamu Romance Is a Bonus Book. ©2019 tvN

Merdeka.com - Hari gini siapa yang tak ketagihan nonton K-drama alias drama Korea? Drama-drama produksi negeri ginseng memang selalu menawarkan ramuan cerita ciamik dengan memadukan berbagai unsur sekaligus. Mulai dari komedi, percintaan, misteri, medis, sampai psikologi.

Ada juga drama Korea yang menampilkan unsur literasi. Entah itu drama keseharian di kantor penerbitan atau justru drama berelemen fantasi dengan tokoh utama karakter webtoon.

Buat kamu yang merasa perlu suntikan semangat untuk menyentuh buku, berikut ini referensi tontonan K-drama dengan tema dunia literasi. Semoga bisa membangkitkan minat membaca.

1 dari 4 halaman

A Poem a Day (2018)

Sebenarnya ini adalah drama medis yang menyoroti keseharian para ahli terapi dan dokter magang di sebuah rumah sakit. Satu hal yang menjadikannya unik adalah kegemaran sang tokoh utama, dr. Woo Bo-young (Lee Yu-bi) terhadap puisi. Bo-young adalah seorang terapis muda yang diam-diam ingin menjadi penyair.

Pada setiap episode di dalam drama ini, penonton akan disuguhi penggalan puisi yang mewakili satu adegan penting. Sama seperti judulnya, satu sajak setiap hari.

2 dari 4 halaman

Romance is a Bonus Book (2019)

K-drama bertema komedi romantis yang satu ini akan membawa penonton untuk berkenalan dengan dunia penerbitan. Cerita berputar pada Kang Dan-i (Lee Na-young), seorang wanita 37 tahun yang susah payah membangun kembali karirnya pasca-perceraian yang dia alami. Dan-i yang tadinya adalah tenaga pemasaran berprestasi harus memulai dari bawah, bekerja serabutan di perusahaan penerbitan tempat Cha Eun-ho (Lee Jong-suk) bekerja. Eun-ho sendiri adalah kepala editor termuda di perusahaan tersebut.

Kita akan melihat sebarapa panjang dan rumitnya proses naskah diterbitkan menjadi buku hingga rilis di pasaran, sampai apa yang terjadi pada jutaan eksemplar buku tersebut jika tak laku dijual. Perjuangan para editor dalam mendekati penulis, melakukan proses penyuntingan, memikirkan strategi pemasaran, sampai puyengnya menghadapi salah cetak puluhan ribu kopi bakal bikin kita terpikir untuk lebih menyayangi buku yang kita beli.

3 dari 4 halaman

Chicago Typewriter (2017)

Mengapa diberi judul Chicago Typewriter? Karena ceritanya melibatkan mesin ketik tua yang membuat seorang penulis terhubung dengan masa lalu.

Chicago Typewriter bercerita tentang seorang penulis ternama yang tengah depresi (Yoo Ah-in), penggemar beratnya (Im Soo-jung), dan sosok hantu tampan yang ternyata seorang jenius sastra. Ketiganya adalah tokoh pejuang kemerdekaan Korea di masa lalu. Drama bertema nasionalisme yang dibalut dengan sentuhan komedi, roman, dan misteri ini bakal menjadi tontonan yang seru.

4 dari 4 halaman

W (2016)

Drama romantis yang satu ini menampilkan kisah yang berbeda karena memadukan roman, misteri, dan fantasi melalui webtoon. Oh Yeon-joo (Han Hyo-joo) adalah putri seorang komikus yang bisa memasuki dunia webtoon ciptaan sang ayah. Gara-gara itu, Yeon-joo jadi terlibat dalam kasus pembunuhan yang melibatkan Kang Chul (Lee Jong-suk), sang tokoh utama webtoon.

Itulah deretan drama Korea yang bakal membangkitkan semangat membacamu. Setidaknya bisa bikin kamu tertarik dengan seluk-beluk dunia literasi. [tsr]

Baca juga:
Wakil Rakyat Terbaik 2019, Buku Berisi Rekam Jejak Para Anggota DPR
Saat Bill Gates Beli Buku Seharga Rp 440 Miliar
Buku Harry Potter Sampai Payung Hello Kitty Dibakar di Polandia
Mantan Kepala BIN Hendropriyono Luncurkan Draf Buku Filsafat Intelijen Negara

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini