11 Manfaat Oatmeal untuk Kecantikan

Selasa, 19 November 2019 16:05 Reporter : Tantri Setyorini
11 Manfaat Oatmeal untuk Kecantikan Ilustrasi oatmeal. ©Shutterstock

Merdeka.com - Ingin merawat kulit dengan bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita? Coba gunakan oatmeal. Sumber karbohidrat kompleks ini ternyata tak cuma sehat untuk pencernaan.

Menurut The Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal mengandung antioksidan aventhramides. Bahan makanan ini juga kaya vitamin E dan ferulic acid.

Apa saja manfaat oatmeal untuk kecantikan? Berikut ini beberapa di antaranya.

1 dari 11 halaman

1. Membersihkan Kulit

Manfaat oatmeal yang pertama adalah membersihkan kulit. Oatmeal memiliki kandungan saponin, suatu jenis glikosida yang berfungsi sebagai pembersih alami. Karena itu oatmeal cocok dijadikan untuk bahan pembersih yang ramah terhadap semua jenis kulit.

Jika ingin membuat cleanser sendiri, Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan madu dan mengoleskannya ke kulit.

2 dari 11 halaman

2. Meredakan Gatal

Manfaat oatmeal yang kedua adalah meredakan gatal-gatal. Iritasi pada kulit dapat diredakan dengan mengoleskan oatmeal. Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan karena pH yang tinggi.

Oatmeal diyakini bisa membantu menormalkan kembali pH kulit dan meredakan rasa gatal serta tak nyaman yang disebabkannya.

3 dari 11 halaman

3. Menyembuhkan Jerawat

Shutterstock

Oatmeal juga dipercaya mampu menyembuhkan jerawat. Jika berniat mencobanya, Anda bisa memasak sedikit oatmeal, diamkan sebentar sampai hangat, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Setelah didinginkan selama beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih.

4 dari 11 halaman

4. Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Kulit yang kering bisa menyebabkan pengelupasan dan warna kulit tidak merata. Oatmeal bisa mengatasinya berkat kandungan polisakarida di dalamnya.

Jika ingin mengatasi kulit kering, campurkan oatmeal dengan daging buah pisang yang sudah dihaluskan dan sedikit susu hangat. Manfaatkan sebagai masker wajah dan lulur tubuh. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5 dari 11 halaman

5. Merawat Kulit Kepala Berminyak dan Sensitif

Kandungan polisakarida dalam oatmeal merupakan pembersih alami yang lebih efektif dan ramah bagi kulit dibandingkan sabun atau sampo.

Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai sampo, dengan mencampurkan segenggam oatmeal dengan air hangat. Pijat kulit kepala dengan campuran oatmeal, lalu bilas hingga benar-benar bersih.

6 dari 11 halaman

6. Membantu Pengelupasan Kulit Mati

Tumit, lutut, dan telapak tangan Anda terasa kering atau mengelupas? Coba atasi dengan scrub oatmeal yang lembut ini.

Campurkan oatmeal secukupnya, sedikit air hangat, dan 1 sendok makan madu. Usapkan pada kulit yang kasar, kemudian gosok-gosok selama beberapa menit. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

7 dari 11 halaman

7. Membersihkan Wajah

Manfaat oatmeal untuk membersihkan wajah juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Sifat pembersih dari saponin dalam oatmeal bisa membersihkan wajah secara menyeluruh.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan air hangat. Aplikasikan pada wajah, usap dengan gerakan melingkar, dan cuci wajah hingga bersih.

8 dari 11 halaman

8. Menyamankan Kulit yang Terinfeksi

Shutterstock

Manfaat oatmeal untuk kulit yang selanjutnya adalah menyamankan kulit yang infeksi. Oatmeal memiliki khasiat antivirus dan bisa digunakan untuk membantu perawatan ruam kulit karena molluscum contagiosum (infeksi lapisan kulit luar). Oatmeal yang ditumbuk hingga halus dan direndam air hangat sampai mengeluarkan sarinya bisa digunakan untuk tujuan ini.

9 dari 11 halaman

9. Menyamankan Kulit yang Terkena Reaksi Alergi

Salah satu manfaat oatmeal yang perlu diketahui adalah menyamankan kulit yang terkena reaksi alergi. Kandungan di dalam oatmeal bisa membantu mengurangi laju pelepasan histamin dalam mastosit (sel mast) yang terdapat pada reaksi alergi.

10 dari 11 halaman

10. Menjaga Keseimbangan pH

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat oatmeal adalah menjaga keseimbangan kulit. Kandungan oatmeal bisa bertindak sebagai buffering agent yang membantu kulit mempertahankan pH normal.

11 dari 11 halaman

11. Menjaga Kelembapan Kulit

Oatmeal mengandung pati dan beta-glucan yang berkhasiat mempertahankan kelembapan di kulit.

Polisakarida dan hidrokoloin yang terkandung di dalam oatmeal juga mampu mengunci kelembapan di lapisan kulit.

Demikian manfaat-manfaat oatmeal jika digunakan untuk perawatan kulit. Anda bisa memakai oatmeal yang ditumbuk halus dan diseduh dengan air hangat untuk tujuan ini.

Sumber: Healthline, Care2, StyleCraze, The Huffington Post, Good Housekeeping [tsr]

Baca juga:
Berbuka dengan makan oatmeal kukis? Ini 5 manfaat sehatnya
Manfaat oatmeal untuk kecantikan kulit
Belasan manfaat sarapan oatmeal setiap hari

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini