10 Tanaman Hias Berdaun Ungu untuk Percantik Rumah

Kamis, 4 Februari 2021 02:02 Reporter : Tantri Setyorini
10 Tanaman Hias Berdaun Ungu untuk Percantik Rumah Ilustrasi Begonia Rex Ungu. ©Greenhouse Product News

Merdeka.com - Ingin memelihara tanaman hias dengan corak warna keunguan? Ada banyak jenis yang bisa Anda cari di lapak penjual bunga atau tanaman hias online maupun offline. Mulai dari genus Tradescantia, Calathea, sampai Oxalis.

Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman hias berdaun ungu cantik yang bisa memperindah rumah Anda.

1. Nanas Kerang (Moses in the Cradle Tricolor)

ilustrasi nanas kerang tricolor
©2021 Tantri Setyorini

Nanas kerang, Moses in The Cradle, atau Adam Hawa (Tradescantia spathacea) adalah tanaman hias dari suku gawar-gawaran. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Hindia Barat. Varietas nanas kerang tricolor memiliki daun cantik dengan kombinasi warna ungu, hijau, dan putih. Nanas kerang biasanya tumbuh subur di tanah yang lembap. Jadi pastikan Anda menyiram tanaman ini secara teratur.

2 dari 10 halaman

2. Bunga Kupu-kupu Ungu (Oxalis triangularis)

ilustrasi oxalis triangularis

©Creative Commons/Maja Dumat

Oxalis atau calincing merupakan jenis tanaman hias dengan bentuk dan warna unik. Oxalis memiliki daun yang mirip sayap kupu-kupu. Karena itulah tanaman ini juga kerap disebut bunga kupu-kupu.

Salah satu jenis Oxalis, yaitu Oxalis triangularis memiliki daun berwarna ungu yang indah. Oxalis biasa dibanderol mulai dari Rp35 ribu sampai Rp100 ribu.

3 dari 10 halaman

3. Samber Lilin (Persian Shield)

ilustrasi samber lilin©2021 Creative Commons/David J. Stang

Strobilanthes dyerianus dikenal dengan nama samber lilin atau persian shield di luar negeri. Tanaman ini memiliki daun bernuansa warna ungu dan hitam yang cantik.

Samber lilin memerlukan sinar matahari selama beberapa jam sehari. Jika terlalu lama 'dijemur', daunnya akan tumbuh dengan warna yang lebih pucat. Tanah media tanamnya juga harus dijaga agar tetap lembap, namun tidak terlalu basah.

4 dari 10 halaman

4. Zebrakraut (Tradescantia zebrina)

ilustrasi zebrakraut©2021 Creative Commons/Maja Dumat

Satu lagi tanaman hias dari genus Tradescantia yang juga memiliki daun ungu cantik. Tradescantia zebrina yang juga dikenal dengan nama zebrakraut, silvery wandering jew, atau Tradescantia silver. Daunnya bernuansa ungu, hitam, dan putih. Tumbuhan ini cocok ditanam di pot gantung, karena ia cenderung tumbuh menjalar.

5 dari 10 halaman

5. Coleus Gerigi Ungu Batik

ilustrasi coleus gerigi ungu batik©Pixy.org

Ada berbagai jenis tanaman hias daun dari genus Coleus. Masing-masing memiliki daun cantik dengan corak warna semarak. Mulai dari hijau, merah muda, kuning, hitam, sampai ungu gelap. Coleus gerigi ungu memiliki daun dengan tepian bergerigi hijau. Sementara bagian tengahnya seperti dicat warna ungu muda dan cokelat gelap.

6 dari 10 halaman

6. Begonia Rex Ungu

ilustrasi begonia rex ungu©Greenhouse Product News

Ada banyak varietas begonia rex. Semuanya memiliki corak warna yang cantik. Mulai dari ungu, merah, cokelat, gradasi hijau dan pink. sampai hitam. Daunnya berbentuk oval dengan tepian bergerigi dan permukaan berbulu. Tanaman ini menyukai tempat teduh. Walaupun begitu, ia tergolong mudah dirawat.

7 dari 10 halaman

7. Calathea Prayer Plant Ungu

ilustrasi calathea prayer plant ungu©svokrine jazyky

Calathea picturata varietas crimson atau prayer plant merupakan tanaman hias dengan penampilan unik, sama seperti kebanyakan Calathea yang memang disukai karena corak warna dan motif daunnya.

Calathea jenis ini memiliki daun lebar dengan warna ungu dan cokelat gelap cantik. Saat malam tiba, daunnya akan menguncup seperti tangan yang sedang berdoa. Sama seperti jenis Calathea lainnya, tanaman ini menyukai cahaya matahari berlimpah, suhu hangat, dan kelembapan tidak langsung.

8 dari 10 halaman

8. Purple Passion (Gynura aurantiaca)

ilustrasi purple passion©House of Kojo

Gynura aurantiaca yang dikenal dengan nama purple passion adalah tanaman hias yang masih bersaudara dengan tumbuhan liar umyung. Tanaman dari keluarga Asteraceae yang banyak ditemukan di Asia Tenggara ini memiliki daun berbulu halus seperti beludru dalam nuansa warna ungu.

Tanaman ini menyukai limpahan cahaya matahari dan tanah yang lembap merata. Anda bisa menjadikannya tanaman hias gantung dengan menempatkannya di pot gantung.

9 dari 10 halaman

9. Purple Heart

ilustrasi purple heart©World of Succulents

Karena berasal dari genus yang sama dengan nanas kerang dan zebrakraut, Tradescantia pallida juga disebut adam hawa. Tanaman ini dikenal dengan nama purple heart di luar negeri. Daunnya yang tebal seperti sukulen berwarna ungu gelap. Sementara bunganya yang mungil memiliki warna violet. Tanaman ini bisa tumbuh menjalar, jadi paling cocok ditempatkan di pot gantung.

10 dari 10 halaman

10. Erva Merah (Bayam Merah)

ilustrasi erva merah©PanAmerican Seed

Anda bisa menyebutnya erva merah, erpah kuncir, bayam hias merah, purple knight, atau purple prince. Tanaman hias yang satu ini memang berasal dari genus Alternanthera yang termasuk suku bayam-bayaman (Amaranthaceae). Erva memiliki daun lancip dengan warna merah keunguan yang menarik.

Demikian berbagai jenis tanaman hias dengan warna daun ungu yang cocok untuk memperindah rumah Anda. Selamat berburu tanaman hias. [tsr]

Baca juga:
Menurut Prediksi Google, 10 Tanaman Hias Ini Bakal Hits di Tahun 2021
Punya Banyak Manfaat, Dua Tanaman Hits Asal Jateng Ini Berhasil Mendunia
Mengenal Greg Hambali, Bapak Tanaman Hias Aglaonema Asal Bogor

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini