10 Buah Murah Meriah Bernutrisi Super untuk Kulit Cantik dari Dalam

Rabu, 28 Agustus 2019 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
10 Buah Murah Meriah Bernutrisi Super untuk Kulit Cantik dari Dalam Ilustrasi buah-buahan tropis. ©Pixabay

Merdeka.com - Perawatan yang apik merupakan kunci dari kulit sehat bercahaya. Definisi perawatan yang digunakan di sini tidak terbatas pada penggunaan produk kecantikan seperti toner, serum, dan krim malam.

Perawatan dari dalam juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya adalah mengasup sumber nutrisi yang baik untuk kulit. Misalnya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Nutrisi-nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah dari buah-buahan. Tak perlu buah impor yang berharga mahal, sebab buah murah meriah yang didapat dari pasar pun punya nutrisi super. Apalagi saat sedang musimnya. Kandungan gizinya lebih baik daripada buah lain.

Berikut ini kami tampilkan jenis-jenis buah dengan harga murah meriah yang memiliki nutrisi tinggi bagi kesehatan kulit.

1 dari 10 halaman

Jeruk

Menurut artikel kesehatan yang dilansir Healthline, vitamin C memegang peranan penting dalam produksi kolagen dan reparasi sel kulit. Jenis vitamin yang satu ini bisa didapatkan dari buah jeruk-jerukan. Lemon lokal, jeruk nipis, jeruk keprok, atau jeruk baby sama-sama berlimpah vitamin C.

Konsumsi buah jeruk secara teratur untuk mendapatkan nutrisinya. Anda bisa mengolah buah ini menjadi wedang, infused water, atau jus.

2 dari 10 halaman

Mangga

Secangkir buah mangga matang bisa memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh dalam sehari. Buah mangga jenis apa saja merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, cairan dan vitamin A yang ada di dalamnya juga baik untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam.

3 dari 10 halaman

Nanas

Buah nanas mengandung vitamin C cukup tinggi. Nutrisi ini diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen dan menjaga kesehatan sel kulit. Sementara itu, betakaroten yang ada di dalam buah mangga akan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi, paparan sinar ultraviolet, dan usia.

4 dari 10 halaman

Buah Naga

Menurut artikel lansiran Medical Daily, buah naga merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, lebih dari separuh kandungan buah naga adalah air. Cairan tersebut akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam.

5 dari 10 halaman

Pepaya

Buah pepaya adalah sumber vitamin A, vitamin C, dan likopen. Vitamin c dan likopen bertugas melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Misalnya keriput, flek, dan kulit kusam.

Penelitian membuktikan kalau likopen juga ampuh untuk mengurangi ruam kemerahan yang terjadi akibat paparan sinar ultraviolet. Sementara penelitian lain menemukan bukti kalau konsumsi likopen dan vitamin C secara teratur selama 14 minggu bisa memudarkan kerutan pada wanita dewasa.

6 dari 10 halaman

Tomat

Satu buah tomat matang berukuran sedang bisa memenuhi 30 persen kebutuhan vitamin C. Tak cukup sampai di situ, tomat juga mengandung likopen, antioksidan kuat yang diperlukan untuk perlindungan kulit.

7 dari 10 halaman

Pisang

Buah bernutrisi tinggi ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin C. Juga terdapat katekin di dalamnya. Ini adalah antioksidan kuat yang juga terdapat di dalam teh hijau. Selain sehat dikonsumsi, daging buah pisang juga baik untuk campuran masker.

8 dari 10 halaman

Apel

Menurut artikel yang dilansir SFGate Healthy Eating, apel mengandung vitamin C dalam bentuk asam askorbat. Satu buah apel berukuran besar dapat memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C wanita dewasa.

Apel juga mengandung vitamin A dan tembaga. Tembaga diperlukan kulit untuk membentuk melanin yang bertugas melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

9 dari 10 halaman

Alpukat

Menurut Medical News Today, alpukat atau avokad termasuk salah satu buah dengan kandungan nutrisi kulit paling lengkap. Selain mengandung vitamin E, alpukat juga kaya vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Semuanya berperan besar dalam menjaga kulit dari radikal bebas dan faktor perusak lainnya.

10 dari 10 halaman

Jambu

Bukan cuma jeruk dan lemon yang kaya vitamin C. Buah jambu pun banyak mengandung nutrisi yang satu ini. Apalagi jenis jambu yang memiliki daging buah berwarna merah.

Demikian jenis-jenis buah murah dengan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Konsumsi secara teratur dalam jumlah sewajarnya agar khasiat kecantikannya saja yang terserap oleh tubuh. [tsr]

Baca juga:
Kantung Mata Bengkak dan Gelap? Vitamin K Solusinya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini