Untuk Pertama Kali Suhu Antartika Di Atas 20 Derajat Celcius

Jumat, 14 Februari 2020 18:06 Reporter : Merdeka
Untuk Pertama Kali Suhu Antartika Di Atas 20 Derajat Celcius gletser pecah di greenland. ©2018 REUTERS/Lucas Jackson

Merdeka.com - Seorang peneliti di Antartika mengatakan para ilmuwan telah mencatat rekor suhu baru di Antartika, yaitu setinggi 20,75 derajat Celcius. Hal ini disebut baru pertama kali terjadi di benua itu.

"Kami belum pernah melihat suhu setinggi ini di Antartika," kata Carlos Schaefer seorang ilmuwan Brasil kepada AFP, dikutip dari Asia One, Jumat (14/2).

Suhu tertinggi ini memicu kekhawatiran tentang pemanasan global.

Data suhu diambil di Pulau Seymour, di semenanjung yang melengkung dari ujung utara Antartika. Pulau ini merupakan lokasi pangkalan penelitian Marambio Argentina.

Dr Schaefer, seorang ilmuwan tanah, mengatakan pencatatan suhu itu diambil sebagai bagian dari proyek penelitian berusia 20 tahun tentang dampak perubahan iklim pada lapisan es di kawasan itu.

"Tertinggi sebelumnya di tahun 1900-an," kata Schaefer.

"Kami tidak bisa menggunakan ini untuk mengantisipasi perubahan iklim di masa depan. Ini adalah titik data. Itu hanya sinyal bahwa sesuatu yang berbeda sedang terjadi di daerah itu."

Kendati demikian, suhu setinggi itu belum pernah tercatat di Antartika.

Mempercepat pencairan dari gletser dan terutama pada lapisan es di Antartika dapat menimbulkan kenaikan permukaan laut, mengancam kota-kota pesisir dan negara-negara pulau kecil.

1 dari 1 halaman

Berita itu datang sepekan setelah Layanan Meteorologi Nasional Argentina mencatat hari terpanas dalam catatan untuk Antartika, yang menyebutkan suhu 18,3 derajat Celcius pada tengah hari di pangkalan Esperanza, yang terletak di dekat ujung semenanjung Antartika.

Rekor sebelumnya tercatat di 17,5 derajat pada 24 Maret 2015. mereka telah merekam suhu Antartika sejak tahun 1961.

"Dekade terakhir telah menjadi rekor terpanas," kata PBB bulan lalu, dengan 2019 tahun sebagai tahun terpanas kedua, setelah 2016.

Reporter Magang : Roy Ridho [pan]

Baca juga:
Ramah Lingkungan, Microsoft Berkomitmen Kurangi Jejak Karbon
WALHI Sebut Banyak Pulau di Sumsel Tenggelam Akibat Perubahan Iklim
Begini Kondisi Pecahan Gunung Es di Antartika
Upaya Para YouTuber Mulia Tanam 20 Juta Pohon

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini