Turki bakal perluas operasi militer di Suriah hingga perbatasan Irak

Sabtu, 27 Januari 2018 19:23 Reporter : Ira Astiana
Turki bakal perluas operasi militer di Suriah hingga perbatasan Irak erdogan. ©Daily Sabah

Merdeka.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji akan memberantas para 'teroris' yang menyebar hingga ke perbatasan negaranya. Bahkan, pasukannya akan memperluas operasi yang saat ini hanya berkisar di Suriah Barat ke perbatasan Irak.

"Operasi Olive Branch akan berlanjut sampai mencapai tujuannya. Kami akan menyingkirkan teroris di Manbij dan pertempuran kami akan berlanjut hingga ke perbatasan Irak sampai tidak ada teroris tersisa," kata Erdogan dalam sebuah pidato di Ankara, dikutip dari laman Asharq Alawsat, Sabtu (27/1).

Menurut Erdogan, perluasan operasi militer ini guna menekan segala manuver Amerika Serikat di Suriah Utara. Dia mengatakan, setiap pergerakan dari pasukan Turki ke Manbij, sebuah wilayah yang dikuasai Kurdi.

AS memang memiliki sekitar 2.000 tentara di Suriah yang merupakan koalisi dari pasukan internasional ditugaskan untuk melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Sebagian besar tentara AS ditempatkan di Manjib dan perluasan operasi Turki di sana telah memicu bentrokan antara kedua negara sekutu NATO tersebut.

Turki sendiri telah dibuat geram oleh AS lantaran negara tersebut memberi dukungan senjata, pelatihan, bantuan udara kepada pasukan Kurdi Suriah. Turki mengklaim jika Pasukan Perlindungan Rakyat (YPG) merupakan perpanjangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah melakukan pemberontakan mematikan di Turki tenggara selama tiga dekade.

"Jika kita harus berperang melawan teror, maka pilihannya adalah kita melakukan ini bersama atau masing-masing mengurus urusan sendiri," pungkasnya.

Baca juga:
Turki klaim 14 tentara tewas dan 130 terluka dalam serangan ke Suriah
Turki ke AS: Hentikan dukungan ke Kurdi atau hadapi 'konfrontasi'
Warga Amerika, Jerman, Inggris, gabung pasukan Kurdi lawan Turki di Suriah
Serangan Israel dan Turki makin memperpanjang konflik Suriah
Ratusan milisi Kurdi tewas di tangan tentara Turki, Trump langsung telepon Erdogan
Turki tangkap 150 orang karena sebar 'propaganda teroris' soal serangan ke Kurdi
Ambigu sikap AS di tengah konflik Turki vs Kurdi di Suriah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini