Rudal Iran yang Ditembakkan ke Militer AS di Irak Pakai Teknologi Satelit Rusia

Selasa, 14 Januari 2020 12:56 Reporter : Pandasurya Wijaya
Rudal Iran yang Ditembakkan ke Militer AS di Irak Pakai Teknologi Satelit Rusia ancaman rudal Iran ke Israel. ©Daily Mail

Merdeka.com - Rudal-rudal Iran yang diluncurkan Pasukan Garda Revolusi ke pangkalan militer Amerika Serikat di Irak pekan lalu diduga memakai teknologi satelit Rusia. Demikian dilaporkan media penerbangan Rusia Avia.Pro yang mengutip stasiun televisi Pravda TV.

Menurut laporan itu, rudal Iran yang menyasar pangkalan militer AS di Irbil dan Ain Al-Assad di Provinsi Al-Anbar dipandu pergerakannya dengan satelit Rusia.

"Itulah sebabnya diyakini 17 dari 19 rudal balistik Iran sukses mengenai target yang berjarak beberapa ratus kilometer dari perbatasan Iran," kata Avia.Pro, seperti dilansir laman Al Masdar, Senin (13/1).

1 dari 1 halaman

"Perlu proses perubahan selama dua generasi untuk mendapatkan akurasi dan tingkat ketepatan yang memuaskan, seperti yang diperlihatkan hasilnya di Suriah dalam serangan ke kelompok teroris. Karena itulah Iran bisa mengumumkan dengan bangga pencapaian mereka hingga akurasi sepuluh meter," kata stasiun televisi Pravda.

"Dengan satelit GPS Amerika bisa membuat terobosan untuk sistem panduan rudal segala tipe. Tapi rasanya tidak mungkin AS akan mengizinkan Iran memakai satelitnya untuk meluncurkan rudal ke pangkalan militer mereka di Irak. Tapi GPS bukan satu-satunya satelit. Rusia punya GLONASS yang kemampuannya setara. China punya Beidou yang belum terlalu akurat. Jadi Anda bisa menebak bagaimana Iran bisa meraih akurasi semacam itu," kata Pravda.

Foto satelit memperlihatkan sejumlah kerusakan di berbagai lokasi di pangkalan militer Ain Al-Assad tapi Washington mengatakan tentara AS tidak ada yang jadi korban dalam serangan rudal Iran itu karena mereka sudah mengambil tindakan pencegahan sebelumnya. [pan]

Baca juga:
Kondisi Pangkalan Militer AS di Irak Usai Dirudal Iran
Ini yang Bakal Terjadi Jika Amerika Angkat Kaki dari Timur Tengah
Dari Informan di Bandara, Cerita Lengkap Operasi Pembunuhan Qassim Sulaimani
Ada Israel di Balik Konflik Iran vs Amerika Serikat
Konflik Makin Panas, Iran Berencana Bombardir Empat Kedubes Amerika Serikat
Intelijen Israel Terlibat Pembunuhan Qassim Sulaimani

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini