Presiden Palestina desak status quo Masjid Al-Aqsa dikembalikan

Rabu, 26 Juli 2017 10:20 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Presiden Palestina desak status quo Masjid Al-Aqsa dikembalikan Masjid Al Aqsa. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta status quo Masjid Al-Aqsa dikembalikan. Dia mendesak Israel untuk mengembalikan status quo Al-Aqsa.

"Tidak akan ada perubahan dalam posisi Palestina," kata Abbas di Ramallah dalam pertemuan darurat, seperti dilansir dari Xinhua, Rabu (26/7).

"Semua tindakan yang diambil atas Masjid Al-Aqsa setelah 14 Juli harus dibatalkan dan diselesaikan. Situasi di Yerusalem harus kembali normal dan kami akan melanjutkan hubungan kami dengan Israel," sambung dia.

Abbas menuturkan warga Yerusalem bangkit dan menjadi satu kesatuan untuk menolak semua aksi yang dilakukan Israel. Dia menuturkan Palestina mendukung aksi warga Yerusalem itu.

"Yang kami putuskan adalah untuk membekukan koordinasi keamanan (dengan Israel) dan hal ini tetap berjalan, kami juga masih terus membela kesucian kami," tuturnya.

"Kami ingin mempelajari yang terjadi dari hari itu hingga sekarang, untuk melihat apa yang bisa kami lakukan," imbuh Abbas.

Pertemuan darurat Abbas dihadiri pejabat senior dari Organisasi Liberasi Palestina, Partai Fatah dan unit keamanan Palestina.

Pada 14 Juli lalu, tiga warga Arab-Israel baku tembak dengan dua polisi Negeri Zionis. Dua polisi ini tewas, sementara penembak juga kehilangan nyawanya akibat ditembak polisi lainnya.

Insiden baku tembak itu terjadi di halaman Masjid Al-Aqsa.

Setelah serangan tersebut, Negeri Bintang Daud menutup masjid dan kemudian memasang gerbang elektronik dan kamera pengawas di pintu masuk masjid. Aksi itu memicu protes para Muslim yang ingin masuk ke masjid melewati gerbang tersebut. [che]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini