Polisi Spanyol Sita Drone Bawah Air untuk Selundupkan Narkoba dari Maroko

Selasa, 5 Juli 2022 18:20 Reporter : Hari Ariyanti
Polisi Spanyol Sita Drone Bawah Air untuk Selundupkan Narkoba dari Maroko Drone bawah air yang disita Kepolisian Spanyol. ©Kepolisian Spanyol

Merdeka.com - Kepolisian Spanyol menyita tiga drone bawah laut yang dirancang untuk menyelundupkan narkoba melalui laut dari Maroko. Drone tersebut diperkirakan bisa memuat sampai 200 kilogram barang.

Drone ini ditemukan setelah penyelidikan yang berlangsung 14 bulan, di mana delapan orang ditangkap di Cadiz, Malaga, dan Barcelona.

Polisi menyampaikan pihaknya telah berhasil mengungkap tersangka yang menciptakan alat tersebut dan memasoknya ke para penyelundup narkoba di seluruh Eropa.

Kepolisian Spanyol mengatakan ini pertama kalinya mereka menemukan kendaraan bawah laut yang bisa beroperasi tanpa awak.

"Alat-alat ini bisa memudahkan penyelundup narkoba mengangkut narkoba dalam jumlah besar secara jarak jauh di sepanjang Selat Gibraltar," jelas kepolisian dalam pernyataannya, dikutip dari BBC, Selasa (5/7).

Selat Gibraltar merupakan selat kecil di laut yang memisahkan Maroko dan Spanyol.

Selain menyita drone bawah laut, polisi juga menyita 14 kilogram hasis, 8 kilogram ganja, uang sekitar 157.300 Euro, dan enam drone udara.

Drone tersebut dilengkapi sistem navigasi GPS sehingga bisa dioperasikan para penyelundup narkoba dari berbagai tempatr di dunia menggunakan perangkat internet.

Salah satu yang ditangkap adalah seorang ayah dan putranya, yang menurut polisi salah satu dari mereka seorang pilot helikopter yang memiliki pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk menciptakan alat canggih tersebut.

Gang pencipta alat ini diduga memasok alat tersebut ke organisasi kriminal di Denmark, Italia, Prancis, dan Spanyol. Mereka juga memiliki spesialisasi merancang alat yang bisa digunakan di laut, udara, dan darat khusus untuk mengangkut narkoba. [pan]

Baca juga:
Sindikat Narkoba Jaringan Internasional Dibongkar, Sabu 43 Kg dan 494 Ekstasi Disita
Penampakan Wanita Kolombia Sembunyikan Kokain di Balik Rambut Palsu
Indonesia dan Ekuador Sepakati Kerja Sama Pemberantasan Narkoba
Aparat AS Temukan Terowongan Rahasia untuk Selundupkan Narkoba dari Meksiko

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini