Parlemen Dibubarkan, Israel akan Gelar Pemilu Kelima dalam 4 Tahun

Kamis, 30 Juni 2022 17:26 Reporter : Hari Ariyanti
Parlemen Dibubarkan, Israel akan Gelar Pemilu Kelima dalam 4 Tahun Bendera Israel. ©2017 istimewa

Merdeka.com - Parlemen Israel atau Knesset melakukan pemungutan suara untuk pembubaran lembaga tersebut pada Kamis (30/6). Sebanyak 92 suara secara bulat setuju parlemen dibubarkan.

Pembubaran parlemen ini menyebabkan berakhirnya masa jabatan Perdana Menteri (PM) Naftali Bennet, jabatan PM tersingkat dalam sejarah Israel, dan memberikan kesempatan bagi mantan PM Benjamin Netanyahu kembali berkuasa.

Jabatan Bennet akan diisi Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, sesuai perjanjian koalisi yang dibuat antara Bennet dan Lapid tahun lalu.

Setelah parlemen dibubarkan, Israel akan menggelar pemilu kelima dalam kurang dari empat tahun pada 1 November mendatang.

Bennet mengatakan pada Rabu, dia tidak akan mencalonkan diri lagi pada pemilu mendatang, mengatakan "saatnya mundur sedikit" dan "memantau sesuatu dari luar".

Pemerintahan koalisi mengalami goyah dalam beberapa pekan terakhir. Tapi pengumuman Bennet dan Lapid pekan lalu bahwa mereka ingin membubarkan pemerintahan sangat mengagetkan.

"Dalam beberapa pekan terakhir, kami melakukan segala yang kami bisa untuk menyelamatkan pemerintahan ini. Dalam pandangan kami, keberlanjutan eksistensinya demi kepentingan nasional," jelas Bennet, dikutip dari laman CNN.

"Kami tidak melakukan ini untuk diri kami sendiri, tapi demi negara kita yang indah, demi kalian warga negara Israel."

Pemerintahan Bennet-Lapid mulai menjabat Juni tahun lalu, mengakhiri kekuasaan Netanyahu yang berlangsung selama 12 tahun. [pan]

Baca juga:
PM Israel Naftali Bennett Positif Covid-19
Sepak Terjang Pegasus, Spyware Israel untuk Mata-Matai Warga Sampai Pemimpin Dunia
Israel Bangun Tembok Pemisah Setinggi 9 Meter di Tepi Barat
Israel Laporkan 10.000 Kasus Covid Baru, Tertinggi Sejak April

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini