Obama kritik Trump soal keluar dari Perjanjian Perubahan Iklim Paris

Sabtu, 1 Juli 2017 22:30 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Obama jalan-jalan keliling kuil Tirtha Empul. ©2017 AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA

Merdeka.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengkritik pemerintahan Donald Trump. Dalam pidatonya, Obama menyinggung soal keluarnya AS dari Perjanjian Perubahan Iklim Paris.

Awalnya, Obama menceritakan bagaimana AS mengalami krisis yang juga terjadi di negara lain. Dia mengaku berhasil menyelamatkan Negeri Paman Sam dari krisis itu.

"Saat saya menjabat jadi presiden, ada krisis ekonomi yang menimpa AS. Namun, dengan kerja sama dan persatuan dunia, kami berhasil pulih dari krisis itu," ujar Obama dalam pidato pembukaan Konvensi Diaspora Indonesia di The Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7).

Dia mengajak masyarakat bangkit agar tak kembali terpuruk dalam krisis. Dia juga menuturkan kemiskinan dan kesehatan menjadi tantangan dunia, dewasa ini.

Tak lupa juga dengan perubahan iklim. Obama menyayangkan keputusan pemerintahnya yang hengkang dari salah satu forum penting itu. Padahal, saat dia masih menjabat presiden AS, Obama sangat mendukung kesepakatan tersebut.

"Kami punya kesepakatan untuk memerangi perubahan iklim, sayangnya kami tak lagi mendukungnya," tutur Obama.

Pemerintahan AS baru yang berada di bawah kendali Donald Trump menyatakan keluar dari Kesepakatan Paris soal perubahan iklim. Padahal AS merupakan salah satu negara penggagas dan penghasil emisi terbesar di dunia.

Keputusan Trump itu memicu kecaman baik dari dalam maupun luar negeri. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini