Israel Akui Pemimpin Oposisi Juan Guaido sebagai Presiden Venezuela

Selasa, 29 Januari 2019 18:55 Reporter : Pandasurya Wijaya
Israel Akui Pemimpin Oposisi Juan Guaido sebagai Presiden Venezuela Benjamin Netanyahu. ©REUTERS

Merdeka.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam rekaman video dua hari lalu mengumumkan negaranya mengakui Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

"Israel mengikuti AS, Kanada, dan sebagian besar negara Amerika Latin dan Eropa untuk mengakui pemimpin baru di Venezuela," kata Netanyahu dalam sebuah video yang diunggah di situs resmi kantor perdana menteri.

"Kami akan senang memperbarui hubungan dengan Israel dan kami berharap bisa bekerja sama dengan pemerintah Israel," kata pejabat oposisi dari Venezuela yang enggan diketahui namanya.

"Kami tidak akan bertindak seperti mendiang Hugo Chavez yang mengutuk Israel dan menyebut pejabat Israel sebagai pembunuh. Sebaliknya, kami akan merangkul Israel."

Media Israel Sabtu lalu melaporkan, AS meminta Israel secara resmi mengakui Guaido sebagai pemimpin Venezuela. Menurut laporan, surat dari pemerintah AS dikirimkan oleh kantor Kementerian Luar Negeri kepada para diplomat di Kedutaan Israel di Washington.

"Pesan yang sama juga disampaikan AS kepada negara sekutunya di seluruh dunia," kata seorang pejabat di kedutaan, seperti dikutip laman Middle East Monitor, Senin (28/1).

Ynetnews melaporkan Israel sebelumnya masih ragu mengakui Guaido karena khawatir tentang keselamatan komunitas kecil Yahudi di Venezuela. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini