Hot Issue

Daftar Negara di Dunia yang Telah Cabut Aturan Pakai Masker

Rabu, 18 Mei 2022 07:26 Reporter : Hari Ariyanti
Daftar Negara di Dunia yang Telah Cabut Aturan Pakai Masker Ilustrasi masker kain. ©Pixabay/3005398

Merdeka.com - Kini masyarakat Indonesia bisa keluar rumah tanpa masker, setelah Presiden RI Joko Widodo mengumumkan masyarakat bisa lepas masker di ruang terbuka atau luar ruangan. Dua tahun terakhir sejak pandemi, masyarakat terbiasa memakai masker untuk mencegah penularan virus corona.

Memakai masker juga menjadi kewajiban yang ditetapkan pemerintah di seluruh dunia karena terbukti efektif mencegah penularan Covid-19. Beberapa bulan terakhir, setelah kasus Covid mengalami penurunan secara global, berbagai negara mulai melonggarkan pembatasannya, termasuk mencabut kewajiban memakai masker.

Sebelum Indonesia, sejumlah negara berikut ini juga telah mencabut kewajiban maskernya. Berikut daftarnya, dikutip dari berbagai sumber:

Amerika Serikat

Sebagian besar warga Amerika saat ini bisa bepergian tanpa memakai masker. Warga tidak diwajibkan lagi memakai masker atau menjaga jarak, baik di luar ruangan atau di dalam ruangan, dikutip dari Times of India, Selasa (16/5).

Uni Emirat Arab

Badan Nasional Kedaruratan, Krisis, dan Penanggulangan Bencana (NCEMA) baru-baru ini mengumumkan memakai masker di ruang terbuka adalah hal opsional, artinya warga bisa tetap memakai masker dan melepasnya. Namun warga tetap diwajibkan pakai masker di ruang tertutup atau dalam ruangan. Jaga jarak sosial di tempat wisata dan kawasan perekonomian juga dicabut.

Denmark

Denmark menjadi negara pertama di Eropa yang mencabut pembatasan Covid-19, termasuk pemakaian masker. Walaupun kasus Covid yang tercatat relatif masih tinggi, namun pemerintah memandang virus corona tidak lagi menjadi ancaman besar.

Spanyol

Baru-baru ini pemerintah Spanyol mencabut kewajiban memakai masker di luar ruangan setelah kasus Covid mengalami penurunan. Masker tetap wajib dipakai di dalam ruangan dan transportasi umum.

Prancis

Kementerian Kesehatan Prancis mengumumkan masker tidak wajib dipakai di tempat-tempat umum seperti restoran. Tapi untuk memasuki tempat umum ini, warga harus membawa sertifikat vaksin.

Inggris

Undang-undang Inggris tidak lagi mewajibkan pemakaian masker. Namun warga disarankan tetap memakai masker di dalam ruangan atau tempat ramai.

Italia

Di tempat umum yang terbuka atau luar ruangan, warga Italia tidak wajib memakai masker. Namun masker masih diwajibkan di tempat umum yang tertutup atau dalam ruangan serta kawasan sibuk.

2 dari 2 halaman

Amerika Latin

Brasil

Pada pertengahan April, Menteri Kesehatan Brasil mengumumkan diakhirinya status "darurat negara" terkait Covid-19 setelah ditetapkan pada Februari 2020, dikutip dari laman Anadolu. Bertepatan dengan pengumuman tersebut, kewajiban memakai masker yang ditetapkan undang-undang tidak lagi berlaku.

Paraguay

Paraguay mencabut aturan memakai masker secara nasional, walaipun tingkat vaksinasi negara itu paling rendah di Amerika Latin.
Keputusan itu diumumkan Menteri Kesehatan Julio Borba setelah rapat dengan Presiden Mario Abdo Benitez.

Uruguay

Perintah memakai masker di Uruguay dicabut pada awal April lalu, bersamaan dengan berakhirnya status darurat kesehatan. Warga Uruguay tidak diwajibkan memakai masker di semua tempat, termasuk transportasi umum.

[pan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini