China Tunjuk Sekjen Partai Komunis Sebagai Kepala Kantor Keamanan Nasional Hong Kong

Jumat, 3 Juli 2020 19:06 Reporter : Pandasurya Wijaya
China Tunjuk Sekjen Partai Komunis Sebagai Kepala Kantor Keamanan Nasional Hong Kong Polisi Hong Kong tangkap demonstran di bawah UU baru. ©DALE DE LA REY/AFP

Merdeka.com - Pemerintah China telah menunjuk Zheng Yanxiong, 57, sebagai kepala kantor keamanan nasional di Hong Kong, demikian dilaporkan kantor berita resmi pemerintah, Xinhua, Jumat.

Zhen merupakan pejabat yang cukup vokal menentang aksi protes massa di China pada 2011.

Sebelum ditunjuk sebagai direktur keamanan nasional, Zhen menjabat sebagai sekretaris jenderal komite Partai Komunis untuk Provinsi Guangdong, salah satu pusat ekonomi di China yang berbatasan dengan Hong Kong.

Dilansir dari Antara, Jumat (3/7), pemerintah China membentuk Kantor Keamanan Nasional di Hong Kong setelah Undang-Undang Keamanan Baru ditetapkan oleh parlemen China pada minggu ini. Beleid baru itu akan menghukum warga yang dianggap melakukan makar, subversi, terorisme, dan kolusi dengan kekuatan asing, dengan ancaman sanksi maksimal penjara seumur hidup.

UU Keamanan baru itu menandai sikap China yang lebih otoriter terhadap Hong Kong, kota yang sempat paling bebas di China.

Baca Selanjutnya: Saat Zheng menjabat sebagai ketua...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. China
  3. Hong Kong
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini