Brazil Dukung Oposisi Venezuela Kudeta Presiden Maduro

Rabu, 1 Mei 2019 18:30 Reporter : Supriatin
Brazil Dukung Oposisi Venezuela Kudeta Presiden Maduro Presiden Venezuela Maduro. ©REUTERS/Marco Bello

Merdeka.com - Pemerintah sayap kanan Brazil memberikan dukungan kepada pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro pada Selasa (30/4). Brazil juga menyeru negara lain agar melakukan tindakan yang sama.

Presiden Brazil, Jair Bolsonaro yang merupakan mantan perwira polisi, menulis di akun Twitter resminya bahwa rakyat Venezuela "diperbudak oleh seorang diktator".

"Mendukung kebebasan buat negara bersaudara kita untuk akhirnya menjadi demokrasi sesungguhnya," kata Bolsonaro dilansir dari Antara, Rabu (1/5).

Selain Brazil, Amerika Serikat juga mendukung upaya Guaido menggulingkan Presiden Nicolas Maduro. Wakil Presiden AS, Mike Pence meminta PBB mengakui Guaido sebagai presiden sah Venezuela pada Rabu (10/4).

"Sudah tiba waktunya bagi PBB untuk mengakui presiden sementara Juan Guaido sebagai presiden Venezuela yang sah dan mendudukkan wakilnya dalam badan ini," kata Pence kepada Dewan Keamanan PBB, mengutip Al Jazeera pada Kamis (11/4).

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan pihaknya telah menyusun resolusi mengenai Venezuela. Tidak jelas kapan dan di mana Pence akan memperkenalkan resolusi yang dimaksud kepada DK PBB.

Pence juga mengumumkan, pemerintah AS akan memberikan US$ 60 juta kepada Venezuela sebagai "bantuan kemanusiaan".

Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido mendorong rakyat agar turun ke jalan-jalan mendukung para anggota militer menyingkirkan Presiden Nicolas Maduro. Pria yang menyatakan diri sebagai presiden sementara ini juga menyerukan rakyat "merebut kembali kebebasan".

Dalam laporan VOA Indonesia, yang dikutip Rabu (1/5), Guaido menyiarkan rekaman video di Twitternya. Dalam video itu, ia terlihat bersama tentara dan menyerukan pemberontakan guna mengakhiri "perampasan kekuasaan" oleh Presiden Nicolas Maduro. [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini