Kaleidoskop 2019

Akhir Riwayat Sang Khalifah ISIS

Kamis, 26 Desember 2019 14:51 Reporter : Pandasurya Wijaya
Akhir Riwayat Sang Khalifah ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam kilas balik di 2019 ini dunia mencatat berbagai peristiwa yang patut diingat dan disimpan dalam catatan sejarah. Salah satu peristiwa itu adalah kematian pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi.

Sejak dideklarasikan Baghdadi pada 2014 di Masjid al-Nuri, di Kota Mosul, Irak, ISIS menjadi kelompok teror yang menakutkan seantero dunia.

Pada 27 Oktober lalu Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan kematian Baghdadi setelah pasukan khusus AS menggerebek tempat persembunyian sang khalifah di sebuah daerah terpencil di tengah gurun di Desa Barisha, Provinsi Idlib, Suriah. Daerah itu adalah satu-satunya lokasi yang belum dikuasai baik oleh pasukan Suriah dan sekutunya maupun oleh tentara SDF, sekutu Amerika.

Laman the Wall Street Journal melaporkan, Senin (28/10), perburuan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi menjadi prioritas keamanan nasional Amerika Serikat dan sekutu mereka, milisi Kurdi sejak kantong terakhir ISIS di sebelah timur gurun Suriah berhasil mereka rebut.

Salah seorang mantan anggota ISIS yang ditahan di penjara sebelah utara Suriah awal tahun ini mengatakan kepada the Wall Street Journal, dia diinterogasi oleh tentara Amerika dan ditanya di mana lokasi para pemimpin ISIS, termasuk Baghdadi. Pemuda 18 tahun itu mengaku dia tidak tahu di mana lokasi mereka dan tahanan lain juga ditanya hal yang sama.

Baca Selanjutnya: Baghdari Tidak Berpindah Lokasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini