CEK FAKTA: Video Temuan Uang di Rumah Ferdy Sambo Hoaks, Ini Faktanya

Rabu, 24 Agustus 2022 18:39 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Video Temuan Uang di Rumah Ferdy Sambo Hoaks, Ini Faktanya Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Viral video bernarasi temuan uang Rp900 miliar di rumah Irjen Ferdy Sambo. Video yang beredar di media sosial menampilkan beberapa koper yang berisi dolar.

"Geger beredar video! diduga inilah bunker uang sebanyak Rp900 Milar yang ditemukan Timsus di rumah Irjen Ferdi Sambo," narasi dalam video tersebut.

temuan uang di rumah ferdy sambo hoaks
TikTok

Penelusuran

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memastikan video temuan uang Rp900 miliar di rumah Irjen Ferdy Sambo adalah hoaks. Faktanya, tumpukan uang tersebut adalah pengungkapan kasus uang dolar palsu di Atlanta, Amerika Serikat.

"Video tumpukan uang tersebut adalah temuan kasus uang palsu dolar di Atlanta, Amerika Serikat (AS) pada tahun 2021 silam," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/8). Dikutip dari Antara.

Menurut dia, tim Polri melakukan penelusuran terhadap asal usul video yang viral di masyarakat. "Setelah ditelusuri oleh tim, ternyata video tersebut pernah ditayangkan oleh Global Chemical Laboratory tanggal 18 Juli 2021 terkait temuan uang palsu di Atlanta USA," lanjutnya.

Tim Khusus (Timsus) Polri memang melakukan penggeledahan beberapa waktu lalu di beberapa tempat yakni rumah Irjen Ferdy Sambo pada Selasa (9/8). Penyidik pun melakukan penyitaan beberapa barang bukti. Namun tidak ada bungker berisikan uang Rp900 miliar yang disita.

Kesimpulan

Video temuan uang Rp900 miliar di rumah Irjen Ferdy Sambo adalah hoaks. Faktanya tumpukan uang tersebut adalah pengungkapan kasus uang dolar palsu di Atlanta, AS.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini