CEK FAKTA: Tidak Benar Video Bangunan Runtuh Kondisi Pascagempa Garut

Selasa, 6 Desember 2022 19:53 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Video Bangunan Runtuh Kondisi Pascagempa Garut ilustrasi gempa. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Video yang diklaim sebagai kondisi terkini pascagempa Garut, Jawa Barat, beredar di media sosial. Video tersebut menampilkan sejumlah bangunan runtuh dan orang-orang yang ada di luar ruangan berteriak histeris, juga terlihat ada orang yang sedang digendong.

Dalam video awal yang ditayangkan terdapat tulisan "kondisi saat ini di Garut". Lalu juga terdapat tulisan "Gempa di garut"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Kondisi terkini gempa garut #gempagarut"

cek fakta tidak benar video kondisi pascagempa di garut
©Liputan6.com

Penelusuran

Dikutip dari Liputan6.com, klaim video kondisi terkini gempa Garut, dengan menangkap layar salah satu cuplikan video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "UPDATE TERBARU Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah Jadi 61 Orang" yang dimuat situs banten.tribunnews.com, pada 21 November 2022.

Foto yang dimuat dalam artikel situs banten.tribunnews.com identik dengan cuplikan klaim video kondisi terkini gempa Garut, foto tersebut diberik keterangan sebagai berikut.

"Update terbaru korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Senin (21/11/2022)."

Dalam penelusuran berikutnya mengarah pada artikel video berjudul "VIDEO: Banyak Korban Yang Kemungkinan Masih Tertimbun Reruntuhan" yang dimuat situs cnnindonesia.com, situs tersebut menampilkan cuplika video yang identik dengan klaim.

"Gempa dengan magnitudo 5,6 terjadi di kedalaman 10 kilometer barat daya kabupaten Cianjur pada senin siang hingga pukul 17.00 WIB. Pemkab Cianjur mencatat sebanyak 46 orang meninggal dunia dalam musibah ini." keterangan dalam video.

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai kondisi bangunan hancur pascagempa di Garut adalah keliru. Faktanya, rekaman tersebut merupakan kondisi usai gempa Cianjur.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5146107/cek-fakta-tidak-benar-video-ini-kondisi-terkini-gempa-garut
https://banten.tribunnews.com/2022/11/21/update-terbaru-korban-meninggal-gempa-cianjur-bertambah-jadi-61-orang
https://www.cnnindonesia.com/tv/20200907173415-407-543713/video-banyak-korban-yang-kemungkinan-masih-tertimbun-reruntuhan

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini