CEK FAKTA: Tidak Benar Kabar Arab Saudi Hentikan Umrah Jemaah Indonesia

Rabu, 18 November 2020 16:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Kabar Arab Saudi Hentikan Umrah Jemaah Indonesia Jemaah Haji Tawaf Menjaga Jarak di Masjidil Haram. ©2020 Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Informasi Arab Saudi menghentikan umrah bagi jemaah Indonesia beredar di media sosial. Salah satunya artikel yang dibuat FREEDAY.FRESHPLANT.XYZ berjudul "Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah Indonesia".

tangkapan layar kabar arab saudi hentikan umrah bagi jemaah indonesia

istimewa

"Innalilahi.Baru Juga Dibuka Sudah Tutup Lagi," tulis salah satu akun Facebook.

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi Arab Saudi menutup umrah bagi Indonesia adalah hoaks. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Menag Fachrul Soal Arab Saudi Tutup Umrah untuk Indonesia: Sejauh Ini Hanya Hoaks" pada 18 November 2020, dijelaskan bahwa akan ada gelombang kedua keberangkatan jemaah umrah pada November 2020.

Menteri Agama Fachrul Razi membantah informasi Arab Saudi menutup ibadah umrah bagi Indonesia. Menurut Fachrul kabar tersebut hanya hoaks.

"Soal umrah ditutup, insyaallah sejauh ini hanya hoaks saja," kata Fachrul dalam rapat dengan Komisi VIII DPR RI, Rabu (18/11).

Fachrul mengatakan, akan ada gelombang kedua keberangkatan jamaah umrah pada 22 November mendatang.

"Yang jelas insyallah tanggal 22 November ini ada masuk gelombang kedua akan berangkat ya," jelasnya.

Indonesia mendapat kehormatan menjadi yang pertama, selain Pakistan. Namun, sejumlah jemaah asal Indonesia diketahui positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan di Saudi.

"Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jamaah Indonesia," kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Oman Fathurahman dalam keterangannya, Senin (16/11).

Kemudian dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, kemlu.go.id, dijelaskan bahwa hingga saat ini Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi belum mengeluarkan edaran resmi tertulis terkait penangguhan penerbangan jemaah umrah asal Indonesia.

"Terkait penerbangan umrah bagi jamaah Indonesia, tim KJRI Jeddah yang dipimpin Staf Teknis Perhubungan telah melakukan pertemuan dengan Dirjen Angkutan Udara GACA, Mr. Ali Muhammad Rajab beserta stafnya pada 16 November 2020 di Riyadh.

1. Dari pertemuan tersebut, diperoleh informasi sebagai berikut:

a. GACA (General Authority of Civil Aviation/Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi) beserta instansi terkait lainnya di Arab Saudi terus melakukan evaluasi pelaksanaan penerbangan angkutan umrah, termasuk penerapan dan kepatuhan jemaah terhadap protokol COVID-19 mulai dari persiapan keberangkatan di negara asal hingga kepulangannya.

b. GACA hingga saat ini belum mengeluarkan edaran resmi tertulis terkait penangguhan penerbangan yang mengangkut jemaah umrah asal Indonesia. Namun demikian, GACA dalam waktu dekat akan mengeluarkan edaran setelah mempertimbangkan situasi terakhir di lapangan.

c. Pemerintah Arab Saudi memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan keselamatan umat Islam.

d. Terkait rilis GACA tentang larangan masuk ke Arab Saudi bagi pemegang visa turis, GACA menegaskan bahwa hal itu hanya berlaku bagi pemegang visa turis dari negara-negara yang memiliki perjanjian bebas visa kunjungan wisata dengan Arab Saudi. Indonesia tidak termasuk negara dengan fasilitas bebas visa turis dari Arab Saudi.

2. Perwakilan RI Jeddah meminta agar semua pihak terkait pelaksanaan umrah untuk terus memperhatikan dan mengikuti aturan protokol COVID-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.

3. Perwakilan RI Jeddah akan terus melakukan komunikasi dengan GACA serta pihak terkait lainnya terkait perkembangan kebijakan penerbangan umrah dari Indonesia."

Kesimpulan

Informasi Arab Saudi menghentikan umrah bagi jemaah Indonesia adalah tidak benar. hingga saat ini Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi belum mengeluarkan edaran resmi tertulis terkait penangguhan penerbangan jemaah umrah asal Indonesia.

Kemudian Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, akan ada gelombang kedua keberangkatan jemaah umrah pada 22 November mendatang.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini