CEK FAKTA: Tidak Benar Isi BBM dengan Nominal Ganjil Agar Terhindar dari Kecurangan

Senin, 27 Juni 2022 18:07 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Isi BBM dengan Nominal Ganjil Agar Terhindar dari Kecurangan SPBU. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan nominal ganjil bisa menghindari kecurangan oleh oknum petugas SPBU.

Berikut narasinya:

"Mungkin disini ada yg pernah ngisi bensin di SPBU manapun,trus ngrasa janggal dan isi gak sesuai ,bisa dicoba dengan cara ini usahakan kalau beli bensin di SPBU jangan nominal bulat(10,15,20,25 dan seterusnya) usahakan nominal ganjil seperti (11 ribu 16,21 dan seterusnya). Bukan maksud suudzon terhadap SPBU daerah kalian,tetapi biar lebih aman dan pas saja, karena sudah banyak oknum SPBU yg curang di berbagai daerah, Semoga bermanfaat Narasi serupa juga beredar dalam sebuah video TikTok viral ini. “Aturan#1751. Jangan isi bensin dengan angka genap usahakan ganjil, contoh 11K, 21k, 51k, 53k, 57k."

tidak benar isi bbm dengan nominal ganjil agar terhindar dari kecurangan
©Kominfo

Penelusuran

Hasil penelusuran, melansir dari laporan hoaks situs Kominfo, pengisian bahan bakar minyak dengan nominal ganjil dapat menghindari kecurangan oknum SPBU adalah tidak benar.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting membantah informasi yang menyebut membeli bensin harus dengan angka ganjil, dengan alasan jika genap akan dicurangi tersebut tidaklah benar. Jumlah yang dikeluarkan sudah sesuai dengan nominal.

"Hal itu tidak benar. Kuantitas yang dikeluarkan sudah sesuai dengan nominal yang tercantum,” ujar Irto, dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Irto menyampaikan, sebagian besar SPBU saat ini sudah terdigitalisasi. Selain itu, menurutnya, setiap alat ukur sudah ditera sesuai ketentuan. “Masyarakat tidak perlu khawatir untuk ketepatan kuantitas dan kualitas,” ungkapnya.

Irto meminta kepada masyarakat, apabila ada saran, masukan, maupun hal lain yang ingin ditanyakan, masyarakat bisa menyampaikannya melalui contact center 135.

Kesimpulan

Klaim mengisi bensin harus dengan angka ganjil bisa menghindari kecurangan oleh oknum petugas SPBU tidak benar. Jumlah yang dikeluarkan sudah sesuai dengan nominal yang tercantum.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42711/hoaks-isi-bensin-di-spbu-dengan-nominal-ganjil-bisa-menghindari-kecurangan/0/laporan_isu_hoaks
https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/18/063000865/benarkah-isi-bbm-harus-nominal-ganjil-agar-tidak-dicurangi-

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini