Cek Fakta: Tidak Benar 212 Mart Jadi Sponsor Formula E

Jumat, 20 Mei 2022 10:27 Reporter : Syifa Hanifah
Cek Fakta: Tidak Benar 212 Mart Jadi Sponsor Formula E Tidak Benar Ini Daftar Sponsor Formula E. Facebook

Merdeka.com - Beredar unggahan gambar terkait deretan sponsor untuk Formula E Jakarta di media sosial Facebook. Gambar tersebut memperlihatkan logo perusahaan yang diklaim sebagai sponsor Formula E.

Di antaranya sebuah merek minimarket 212 Mart. Berikut narasinya:

"Sponsor formula E,,kini mulai berdatangan."

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, gambar yang diklaim sebagai sponsor Formula E adalah tidak benar dan bukan informasi resmi. Gambar tersebut menampilkan beberapa perusahaan yang merupakan nama plesetan atau parodi, seperti Kawasakiti, Tanda, Yamaap, Sijuki, dan lainnya.

Terkait sponsor Formula E dilansir dari Detik.com, Jakpro mengklaim telah mendapatkan sponsor untuk Formula E Jakarta. Jakpro berjanji mengumumkan nama-nama sponsor pekan depan.

"Alhamdulillah sponsorship sudah ada beberapa, cukup banyak. Dari sisi industri, saya bisa sampaikan bahwa cukup beragam yang menjadi sponsorship kita," kata Direktur Jakpro Gunung Kartiko di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Gunung enggan memerinci apa saja perusahaan yang menjadi sponsor Formula E. Dia hanya menyebut sponsor datang dari berbagai industri, mulai perbankan hingga otomotif.

"Yang pertama dari bank lokal, bank swasta, kemudian ada juga yang nasional, perusahaan digital juga sudah ada, kemudian electricity company, perusahaan listrik ya, F&B (food and beverage) ada juga beberapa, kita juga ada hospitality perhotelan, kemudian dari sisi kesehatan ada, telco company dan otomotif," ujarnya.

Gunung mengatakan pihaknya bakal mengumumkan daftar sponsor Formula E Jakarta pekan depan. Dia mengatakan pihaknya masih merampungkan proses penandatanganan kontrak dengan beberapa perusahaan.

Jadi insyaallah akan kita update nanti di minggu depan, tapi bisa kita sampaikan bahwa ini adalah industri-industri yang sudah melakukan sponsorship dengan kita," ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari merdeka.com, Panitia pelaksana Formula E Jakarta tak kunjung mempublikasikan sponsor menjelang balap mobil listrik itu digelar pada 4 Juni 2022. Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni menjelaskan, publikasi sponsor harus berdasarkan koordinasi dengan Formula E Operation (FEO).

Selain itu, Sahroni menjelaskan bahwa ada sponsor global yang akan mendukung perhelatan balap mobil listrik taraf internasional itu.

"Ini bukan hanya kewenangan dan kebijakan OC, namun harus berkoordinasi dengan kebijakan dari FEO, mengingat ada sponsor-sponsor global juga," kata Sahroni, Rabu (18/5).

Dia menuturkan, semua sponsor lokal maupun global akan dirilis paling lama pekan depan. "Sudah ada timing yang kami sepakati, jadi harus patuh. Sudah banyak," tegasnya.

Kesimpulan

Gambar yang diklaim sebagai sponsor Formula E adalah tidak benar dan bukan informasi resmi. Gambar tersebut merupakan plesetan dari perusahaan ternama.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini