CEK FAKTA: Hoaks, Wapres Imbau Warga Miskin Banyak Sedekah Agar Tak Terjadi Bencana

Rabu, 7 Desember 2022 15:39 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Wapres Imbau Warga Miskin Banyak Sedekah Agar Tak Terjadi Bencana Wapres Maruf Amin. ©2020 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar sebuah judul artikel terkait Wakil Presiden Ma'ruf Amin di media sosial. Unggahannya berjudul wapres memberikan imbauan untuk warga rajin bersedekah agar tidak terjadi bencana.

Tangkapan layar tersebut berjudul; "Ma'ruf amin Himbau warga miskin terpencil banyak sedekah biar tak ngundang bencana".

Terdapat foto Ma'ruf Amin menggunakan kemeja warna putih. Kemudian tertulis tanggal artikel tersebut dipublikasi, pada Rabu, 30 November 2022, pukul 16.57 WIB dan nama reporternya.

cek fakta hoaks wapres imbau warga miskin banyak sedekah agar tak terjadi bencana

TikTok

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com melakukan penelusuran dengan mengunggah tangkapan layar tersebut ke Google Image. Hasilnya foto identik ditemukan di situs berita sindonews.com.

Artikel situs sindonews.com tersebut berjudul "Percepat Pembangunan Papua Selatan, Wapres Minta Mendagri Petakan Sejumlah Isu". Judul yang beredar sudah diedit dari artikel aslinya.

cek fakta hoaks wapres imbau warga miskin banyak sedekah agar tak terjadi bencana

©sindonews.com

Persamaan terlihat foto Ma'ruf Amin yang memakai kemeja putih. Kemudian nama reporter yakni Bachtiar Rojab dan tanggal publikasi Rabu 30 November 2022, pukul 16:57 WIB.

Artikel itu menjelaskan tentang, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta para Menteri termasuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian untuk segera memetakan berbagai isu yang bakal dihadapi Provinsi Papua Selatan . Pasalnya, Provinsi tersebut merupakan bagian dari Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Saya instruksikan kepada para Menteri, Bapak Menteri Dalam Negeri untuk segera membahas berbagai isu dan agenda yang menjadi perhatian di Provinsi Papua Selatan ," ujar Wapres dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Pencairan lain menggunakan Google Search tidak ditemukan pernyataan Ma'ruf Amin meminta warga untuk rajin bersedekah supaya tidak terjadi bencana.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar judul artikel Wapres Ma'ruf Amin memberikan imbauan untuk warga rajin bersedekah agar tidak terjadi bencana adalah tidak benar. Judul artikel telah diedit.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://nasional.sindonews.com/read/956177/12/percepat-pembangunan-papua-selatan-wapres-minta-mendagri-petakan-sejumlah-isu-1669799506

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini