CEK FAKTA: Hoaks, Video Sebut Tempat Wisata Baru di Singkawang

Rabu, 6 Oktober 2021 15:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks, Video Sebut Tempat Wisata Baru di Singkawang Hoaks Video Tempat Wisata di Singkawang. istimewa

Merdeka.com - Sebuah video yang menyebutkan wisata di Singkawang, Kalimantan Barat beredar di media sosial. Dalam video terlihat pemandangan sawah, dan seseorang dalam video mengatakan bahwa lokasinya berada di Singkawang.

"Ini daerah liburan, tempat wisata baru di daerah kita guys, di Singkawang. Lokasinya enggak jauh dari Rindu Alam. Yang mau main boleh. Tiketnya cuma Rp7.500," kata orang dalam video tersebut.

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi dalam video. Hasilnya, lokasi wisata yang ada dalam video bukan di Singkawang.

Dalam artikel kumparan.com berjudul "Hoaks Tempat Wisata Baru di Singkawang, Ini Fakta Sebenarnya" pada 5 Oktober 2021, dijelaskan bahwa video diambil di salah satu wilayah di Bali.

Kepala Bidang Pariwisata Kota Singkawang, Novar Zulfian, saat dihubungi, Selasa, 5 Oktober 2021, menegaskan hal tersebut adalah hoaks. "Video tersebut hoaks. Itu bukan tempat wisata baru di Singkawang, melainkan di Gianyar, Bali," katanya.

Menurut Novar, beredarnya video hoaks tersebut telah disampaikan ke Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Singkawang, untuk ditindaklanjuti. "Proses lebih lanjutnya nanti bagaimana, itu dari Dinas Kominfo. Kami hanya menegaskan, bahwa video yang beredar tersebut hoaks," tegasnya.

Kesimpulan

Video yang menyebutkan wisata di Singkawang adalah hoaks. Video tersebut diambil di Gianyar, Bali.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini