CEK FAKTA: Hoaks Penyebab Terinfeksi Covid-19 Karena Kurang Vitamin C

Senin, 19 April 2021 14:14 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Penyebab Terinfeksi Covid-19 Karena Kurang Vitamin C Pasien Covid-19 jalani perawatan intensif di RS Bogor. ©REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Beredar informasi pasien terinfeksi Covid-19 karena kekurangan vitamin c. Informasi itu juga menyebutkan bahwa penyebab terinfeksi Covid-19 karena kekurangan vitamin b, zinc dan bukan virus.

hoaks penyebab covid 19 kurang vitamin c
turnbackhoax

"Covid (+)
Hanya kurang
VIT.C 1000 mg/jam
VIT.B
Zinc 50g
Jangan minum obat apapun!!!
Bukan terinfeksi Virus!"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam laman resmi World Health Organization (WHO) dijelaskan bahwa penyakit yang disebutkan virus corona jenis baru (Covid-19) disebabkan oleh virus.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa Covid-19 disebabkan oleh virus corona yang disebut SARS-CoV-2.

Virus corona adalah keluarga besar virus yang umum ada pada manusia dan banyak hewan, termauk unta, sapi, kucing, dan kelelawar.

Namun, jarang terjadi virus corona pada hewan dapat menginfeksi manusia dan kemudian menyebar antarmanusia. SARS-CoV-2 adalah virus betacorona, seperti MERS-CoV dan SARS-CoV.

Kesimpulan

Informasi penyebab terinfeksi Covid-19 karena kurang vitamin c, vitamin b dan zinc adalah hoaks. Covid-19 disebabkan oleh virus corona yang disebut SARS-CoV-2.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini