CEK FAKTA: Hoaks Foto Truk Tangki BBM Meledak di Purwokerto

Kamis, 11 Agustus 2022 18:05 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Foto Truk Tangki BBM Meledak di Purwokerto CEK FAKTA: Hoaks Foto Truk Tangki BBM Meledak di Purwokerto. Facebook

Merdeka.com - Beredar unggahan di media sosial Facebook yang menyebutkan adanya ledakan tangki bahan bakar minyak (BBM) di Purwokerto, Jawa Tengah. Unggahan tersebut berupa sebuah artikel berjudul "Tepat Hari Ini, Tangki BBM Meledak di Depan Alfamart, Puluhan Orang Jadi Korban. Mayyat Bergelimpangan Di Depan SPBU".

Artikel itu memuat foto kobaran api disebuah jalan. Unggahan tersebut terdapat narasi:

"Kejadian Malam ini Di Purwokerto Mohon Doanya Bagi Orang Yang Punya Hati😭,"

cek fakta hoaks foto truk tangki bbm meledak di purwokerto
Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran, foto tangki BMM meledak di Purwokerto adalah keliru. Truk tangki meledak tersebut terjadi di ibu kota Sierra Leone, Freetown pada Jumat (10/6/2021) lalu.

Foto identik, diunggah artikel iNews.id berjudul "Truk Tangki BBM Meledak di Depan Supermarket, 99 Orang Tewas Terbakar," pada 6 November 2021.

Artikel tersebut menjelaskan, Truk tangki bahan bakar minyak (BBM) meledak dan terbakar hebat di depan sebuah supermarket ramai pengunjung. Akibat ledakan itu, sebanyak 99 orang tewas terbakar dan lebih dari 100 lainnya terluka.

Peristiwa tragis ini terjadi di ibu kota Sierra Leone, Freetown pada Jumat (10/6/2021) sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Truk tangki BBM tiba-tiba meledak dahsyat lalu terbakar saat berada di persimpangan jalan yang ramai di depan Supermarket Choithram.

Dua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tak jauh dari lokasi ikut terbakar dampak dari ledakan tersebut. Bahan bakar yang tumpah ke jalanan juga menyulut api sehingga ikut membakar kendaraan di sekitarnya.

Kantor berita Inggris, Reuters melaporkan, bahan bakar tampak masih keluar dari truk tangki pada Sabtu (6/11/2021) pagi. Petugas kepolisian dan tentara Siear Leon tampak berusaha mensterilkan lokasi dari kerumunan besar penonton dari jalan.

Kesimpulan

Foto tangki BMM meledak di Purwokerto adalah keliru. Truk tangki meledak tersebut terjadi di ibu kota Sierra Leone, Freetown.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://jabar.inews.id/berita/truk-tangki-bbm-meledak-di-depan-supermarket-99-orang-tewas-terbakar

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini