8 Jenis jamur dan khasiatnya bagi tubuh

Reporter : Destriyana | Minggu, 31 Maret 2013 16:15




8 Jenis jamur dan khasiatnya bagi tubuh
Ilustrasi jamur. ©Shutterstock.com/Gayvoronskaya_Yana

Merdeka.com - Ada begitu banyak jenis jamur yang menawarkan manfaat kesehatan. Pada dasarnya, jamur bukan sebuah tanaman atau binatang. Namun, tahukah Anda bahwa jamur punya khasiat luar biasa yang bahkan bisa mengatasi penyakit serius pada tubuh Anda. Berikut adalah delapan jenis jamur dan khasiatnya bagi tubuh, seperti dilansir Fitday.com.

1. Jamur putih untuk menurunkan berat badan dan pencegahan kanker prostat

Kategori ini termasuk jamur kancing, cremini dan Portobello. Jamur putih memiliki karbohidrat yang mempercepat metabolisme dan menjaga kadar gula darah. Metabolisme yang cepat membuat tubuh membakar lebih banyak lemak. Mengonsumsi jamur putih tiga ons per hari selama empat sampai enam minggu dapat menurunkan berat badan. Jamur ini juga kaya akan selenium yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki efek positif pada kanker prostat.

2. Shiitake bisa melawan tumor

Jamur beraroma khas ini mengandung lentinan yang merupakan senyawa anti-tumor alami. Jamur ini telah dikembangkan oleh Jepang menjadi pengobatan anti-kanker yang cukup menguntungkan. Pada gilirannya, jenis jamur juga menjadi sumber Vitamin D. Konsumsi empat sampai lima ons per hari sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

3. Reishi sebagai obat anti-kanker

Jamur yang terlihat seperti bunga coklat dan putih besar ini terbuat dari kayu yang memiliki sifat-sifat berikut: anti-kanker, anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur. Selain itu, jamur reishi mengandung asam gandodermic yang membantu mengurangi kolesterol yang pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Makan jamur reishi beberapa ons per hari dapat membantu Anda mengurangi kolesterol dan risiko darah tinggi.

4. Maitake bisa melawan kanker payudara

Setengah cangkir jamur maitake per hari mampu membersihkan sistem tubuh dan menemukan sel-sel abnormal yang kemudian membuat mereka rusak dengan sendiri. Jamur ini juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan sel-sel pembunuh sistem kekebalan tubuh.

5. Tiram untuk HIV

Jamur tiram sedang diteliti sebagai pertahanan terhadap kemungkinan HIV. Karena tinggi akan senyawa anti-oksidan, jamur ini dapat menjadi obat anti-kanker.

6. Chanterelle

Terlihat seperti terompet mini, jamur ini sering dikaitkan dengan sifat anti-mikroba, bakteri dan jamur. Jamur ini juga kaya akan vitamin C, D, dan potasium.

7. Porcini untuk anti-radang

Jamur gendut mirip Portabello ini telah digunakan sebagai obat anti-inflamasi. Porcini berisi senyawa ergosterol yang mampu melakukan sitotoksisitas yang merupakan proses menyerang sel musuh.

8. Shimeji dapat mengobati asma dan tumor

Jamur ini mudah ditemukan dalam makanan Asia atau sebagai hiasan. Shimeji mengandung beta-glukan yang menurut National Cancer Institute of Japan, senyawa ini adalah obat untuk memperlambat dan menghancurkan tumor yang tumbuh di tubuh. Jamur shimeji juga dapat mengobati diabetes, asma dan alergi tertentu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyembuhannya.

Inilah delapan jenis jamur dan khasiat mereka bagi tubuh kita. Ingat, tidak sembarang jamur bisa dimakan. Jadi, jangan sembarangan makan jamur liar.

[des]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • IHSG diperkirakan bergerak kisaran 5039-5165
  • 4 Aturan anyar perekrutan CPNS tahun 2014
  • 5 Protes Prabowo minta rekapitulasi suara KPU disetop
  • Tol JORR W2 Utara operasi, macet di tol dalam kota bisa menurun
  • Istri Gus Dur: Saat ini rakyat seolah terbagi menjadi dua
  • Semangat Tebu Preman dan Bibir Terkatup
  • 4 Kebersamaan Prabowo dan Jokowi bertemu di Istana Negara
  • Dihantam truk kontainer, Honda jazz ringsek di Pluit
  • Hari ini, Denny JA dijadwalkan bersaksi dalam sidang Anas
  • Neng, mojang murahan asal Bandung
  • SHOW MORE