Wamendag: Sektor Jasa Berperan Penting dalam Pemulihan Ekonomi

Senin, 12 April 2021 12:15 Reporter : Merdeka
Wamendag: Sektor Jasa Berperan Penting dalam Pemulihan Ekonomi pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga membeberkan sektor perdagangan jasa yang sangat berperan penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya jasa telekomunikasi. Selain itu, ada juga jasa pariwisata, transportasi dan distribusi.

"Sektor jasa yang berperan penting untuk recovery ekonomi yaitu jasa telekomunikasi, komputer dan jasa infrastruktur seperti jasa keuangan, transportasi, distribusi dan logistik," kata Wamendag saat sosialisasi persetujuan kerangka kerja Asean di bidang jasa ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) dan persetujuan perdagangan jasa ASEAN Trade on Services (ATISA), di Bekasi, Senin (12/4).

Sedangkan moda perdagangan jasa yang paling terdampak pandemi adalah yang melibatkan interaksi langsung/fisik antara penyedia jasa dan konsumen. "Kondisi tersebut mendorong penyediaan seperti online retail, online health dan online education,” ujarnya.

Wamendag menegaskan, perdagangan jasa terbukti meningkatkan perekonomian Indonesia. Untuk itu, diperlukan pembangunan sektor jasa yang menyeluruh dan berkelanjutan, dalam rangka mendukung salah satu visi dan misi RPJMN 2020-2024, yakni mewujudkan bangsa yang berdaya saing.

"Sosialisasi ini penting untuk memastikan dan juga menegaskan manfaat-manfaat hasil dari perundingan. Kita perlu sediakan sosialisasi khususnya dengan para pengusaha. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan sudah melakukan negosiasi, Indonesia sudah menyelesaikan 22 perundingan perdagangan,” kata Wamendag Jerry.

Baca Selanjutnya: Perundingan Bantu Pelaku Usaha Bertahan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pertumbuhan Ekonomi
  3. Kemendag
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini