Walhi: Hukuman Pemerintah ke Pelaku Pembakar Hutan Seolah Galak Tapi Tak Menggigit

Kamis, 24 Oktober 2019 18:44 Reporter : Dwi Aditya Putra
Walhi: Hukuman Pemerintah ke Pelaku Pembakar Hutan Seolah Galak Tapi Tak Menggigit Kebakaran Hutan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Nur Hidayati, mengungkapkan upaya pemerintah menindak pelaku pembakar hutan tak memberi efek jera. Walhi menilai seharusnya pemerintah berani mengungkap perusahaan dan menindak tegas pelaku pembakar hutan.

"Kami temukan di lapangan, group perusahaan terlibat di lapangan. Tidak ada efek jera membuat pelaku ini terus mengulangi. Di perusahaan sama, kejadian kebakaran itu tidak jera. Hukuman seperti macan ompong seolah galak tapi tidak menggigit," ujarnya di Jakarta, Kamis (24/10).

Namun, dia tetap mengapresiasi beberapa upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh pemerintah dalam kasus kebakaran hutan. "Walaupun ada kritik kami juga, KLHK tidak perlu tempuh jalur hukum, dia bisa cabut izin dari perusahaan yang terlibat kebakaran hutan tersebut," jelas dia.

Pemerintah, lanjutnya, telah abai dan menutup telinga untuk isu-isu mengenai lingkungan hidup. Bahkan, aspirasi yang disuarakan pihaknya tentang dampak kerusakan lingkungan hidup pun tidak pernah diindahkan.

Padahal, beberapa langkah telah ditempuh Walhi untuk menyuarakan isu lingkungan hidup. Mulai dari melayangkan surat kepada pemerintah, hingga gugatan ke pengadilan sampai ke Mahkamah Agung juga tidak ada hasil.

"Jalan-jalan yang memang benar sesuai dalam tanda kutip cara memprotes yang baik dan benar sesuai dengan jalur hukum itu sudah kami lakukan semua. Dan respon dari pemerintah bervariasi sampai dicuekin sama sekali," jelas dia. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini