Trik Belanja Oleh-oleh Mudik, Biar Tetap Hemat dan Nggak Menguras THR

Minggu, 19 Mei 2019 00:03 Reporter : Ayu Miranti
Trik Belanja Oleh-oleh Mudik, Biar Tetap Hemat dan Nggak Menguras THR Trik Belanja Oleh-oleh Mudik, Biar Tetap Hemat dan Nggak Menguras THR. ©shutterstock

Merdeka.com - Salah satu hal yang paling dirindukan saat Ramadan tiba adalah cairnya Tunjangan Hari Raya alias THR. Dana tambahan ini bukan hanya bisa menyelamatkan kondisi keuangan setelah menghadapi jadwal buka bersama yang nggak pernah berhenti, tapi juga membantu melengkapi beragam kebutuhan Lebaran di rumah. Apalagi yang punya rencana untuk mudik, belanja oleh-oleh wajib banget dilakukan.

Tapi, kalau nggak cermat saat belanja, pengeluaran ini bisa menguras THR. Simak dulu tipsnya di sini biar dompet kamu tetap terjaga dengan baik.

Tentukan Anggaran Belanja

Sebelum memulai semuanya, bagilah uang THR ke dalam pos-posnya masing-masing, termasuk untuk belanja kebutuhan oleh-oleh mudik. Ingat, gunakan hanya anggaran untuk belanja Lebaran saja. Jangan sampai tergoda menggunakan anggaran lain demi membeli barang yang nggak sempat terbeli ketika pos belanja Lebaran habis.

Bikin Rincian Belanjaan Terlebih Dahulu

Segalanya akan lebih mudah dengan perencanaan. Sebelum berburu oleh-oleh mudik, pikirkan dulu barang-barang yang akan dibeli. Catat supaya nggak lupa, serta jadikan sebagai batas atau patokan belanjaanmu. Misalnya, berapa banyak oleh-oleh makanan yang dibutuhkan untuk bingkisan ke tetangga atau Baju Koko Anak Terbaru yang akan dihadiahkan untuk keponakan di kampung halaman.

Perkuat Keinginan untuk Berhemat

Buat yang hobi belanja, menahan keinginan untuk hamburkan uang saat cari bingkisan mudik pasti sulit untuk dilakukan. Tapi mau bagaimana lagi? Saatnya untuk tentukan pilihan, berhemat mulai sekarang atau lanjutkan kebiasaan dan menyesal belakangan. Cuma kamu yang bisa ubah mindset tentang cara belanjamu. Bukan orang lain.

Butuh Oleh-Oleh Banyak? Sekalian ke Pusat Grosir

Kalau kamu hidup dalam sebuah keluarga yang sangat besar, sepertinya nggak mungkin kalau cuma bawa satu atau dua oleh-oleh saja. Butuh beli banyak barang dengan murah? Serbu saja pusat-pusat grosir. Selain harganya lebih hemat dan bisa dinego, kalau beli banyak biasanya bisa dapat diskon lagi dari penjual.

Manfaatkan Diskon dan Promo Belanja Online

Nggak cuma mudik saja yang jadi tradisi Lebaran. Tokopedia di setiap menjelang Idul Fitri juga meramaikan suasana dengan beragam diskon dan promo belanja. Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk dapatkan banyak barang buat keluarga di kampung halaman dengan harga lebih murah. Mulai dari sarung, peci, Koleksi Kaftan untuk Lebaran, hingga mukena buat ibu. Beragam kebutuhan bisa didapatkan, hanya lewat smartphone kamu karena Tokopedia merupakan Kumpulan Toko Online Terbaik di Indonesia.

Sudah siap borong banyak barang sebagai oleh-oleh mudik tahun ini? #MulaiAjaDulu dari Tokopedia, tempat belanja online terlengkap dengan banyak promo jelang Lebaran. Bisa dapat lebih banyak oleh-oleh mudik, bisa dapat pahala lebih berlimpah karena bahagiakan lebih banyak orang di hari yang fitri. [ayu]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini