Sri Mulyani: Realisasi Dana PEN Baru Rp124 Triliun dari Alokasi Rp455 Triliun

Jumat, 1 Juli 2022 15:30 Reporter : Anisyah Al Faqir, Idris Rusadi Putra
Sri Mulyani: Realisasi Dana PEN Baru Rp124 Triliun dari Alokasi Rp455 Triliun Menkeu Sri Mulyani. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mencatat, realisasi Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) semester I-2022 mencapai Rp124,5 triliun dari alokasi Rp455,6 triliun.

"Kami akan terus memantau program PC-PEN agar bisa melakukan estimasi seberapa banyak akan bisa direalisasi sampai akhir tahun," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat RI yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat (1/7).

Sri Mulyani memerinci realisasi program PC-PEN tersebut terdiri atas bidang kesehatan sebesar Rp29,4 triliun, perlindungan masyarakat Rp60,2 triliun, dan penguatan pemulihan ekonomi Rp34,9 triliun.

Anggaran di bidang kesehatan antara lain dimanfaatkan untuk penanganan kesehatan seperti pembayaran klaim pasien Covid-19, insentif tenaga kesehatan, serta penanganan pandemi melalui dana desa.

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut, pembayaran berbagai klaim pasien dilakukan dari mulai tahun lalu dan diberikan kepada klaim yang sudah diverifikasi.

2 dari 2 halaman

Perlindungan Sosial

Selanjutnya, anggaran perlindungan sosial antara lain dimanfaatkan untuk penyaluran bantuan sosial dan bantuan pemerintah lainnya dalam rangka mempertahankan daya beli masyarakat akibat pandemi serta kenaikan harga.

Untuk bidang penguatan pemulihan ekonomi, lanjut dia, antara lain dimanfaatkan untuk dukungan UMKM, insentif perpajakan untuk dunia usaha, serta penandaan anggaran kementerian/lembaga (k/l) dalam rangka pemulihan ekonomi.

Penandaan anggaran belanja k/l yang dimaksud yakni untuk program padat karya, dukungan pariwisata, dan ketahanan pangan.

Adapun pada tahun 2022, alokasi PC-PEN terbesar diperuntukkan pada bidang penguatan pemulihan ekonomi, yakni Rp178,32 triliun, kemudian untuk perlindungan masyarakat sebesar Rp154,76 triliun dan penanganan kesehatan Rp122,54 triliun. [idr]

Baca juga:
Indonesia Waspada Dampak Resesi Ekonomi Amerika
Anggaran PEN di 2021 Hanya Terserap 87,96 Persen
Jokowi Usulkan 3 Hal Cegah Ancaman Hilangnya Dekade Pembangunan
Menko Luhut: Kadin Harus Lebih Kuat Bantu Pemulihan Ekonomi
Per 17 Juni 2022, Penyerapan Anggaran PEN Capai Rp113,5 Triliun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini