Sri Mulyani nilai selama 2 tahun PMN BUMN bantu dongkrak ekonomi RI

Selasa, 25 Oktober 2016 21:44 Reporter : Hana Adi Perdana
Sri Mulyani nilai selama 2 tahun PMN BUMN bantu dongkrak ekonomi RI Sri Mulyani dan kasus cukai rokok ilegal. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti optimalisasi pemanfaatan modal negara (PMN) yang diberikan pemerintah kepada perusahaan badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurutnya, perusahaan pelat merah tersebut dapat mendongkrak penerimaan negara.

"Selama 2 tahun terakhir, belanja modal yang sangat besar selain infrastuktur adalah penanaman modal negara untuk BUMN. Saya rasa ada di dalam UU APBN, tahun 2015 dan 2016 jumlah PMN mencapai Rp 115 triliun, tentu investasi itu harus dan akan menghasilkan," ujarnya di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (25/10).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, pada tahun 2017 mendatang, pemerintah tak lagi menyuplai perusahaan pelat merah melalui PMN. Kendati demikian, PMN yang telah diberikan selama ini diharapkan dapat membantu dalam mengurangi kesenjangan.

"Untuk 2017, kita akan menjaga APBN kita menjadi instrumen fiskal yang mendorong pertumbuhan ekonomi, kurangi kesenjangan dan atasi kemiskinan. Ini tema yang akan secara terus menerus kami gunakan," tuturnya.

Sri Mulyani menambahkan pihaknya tidak akan menggantungkan penerimaan negara melalui keuntungan dari perusahaan BUMN. Banyak sektor yang masih bisa dikejar, salah satunya pajak.

"Penerimaan pajak harus terus ditingkatkan karena tax ratio kita terendah dibandingkan negara lain. Oleh karenanya reformasi dari perpajakan menjadi sangat urgent, yang terpenting adalah gimana Ditjen Pajak lakukan pengumpulan pajak secara baik," pungkasnya.

Baca juga:
Tak lagi dapat PMN, Rini sebut BUMN boleh pinjam keuntungan holding
Polemik Sri Mulyani gantikan Rini Soemarno di Komisi VI DPR
Ini alasan Menko Darmin ngotot berikan suntikan modal ke BUMN
Pemerintah didesak hanya beri PMN ke BUMN pemilik program prioritas
Terima suntikan modal, BUMN diminta bikin rencana bisnis
Ini catatan DPR soal 4 BUMN terbitkan saham baru
Sri Mulyani pastikan suntikan modal ke BUMN tak dipangkas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini