Sri Mulyani Jajal MRT dari Bunderan HI ke Lebak Bulus

Rabu, 6 Maret 2019 18:43 Reporter : Dwi Aditya Putra
Sri Mulyani Jajal MRT dari Bunderan HI ke Lebak Bulus Menteri Sri Mulyani Coba MRT. ©2019 Biro KLI Kemenkeu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menjajal proyek Mass Rapid Transit atau MRT dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Stasiun Lebak Bulus. Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani mengaku takjub, sebab perjalanan sepanjang 16 kilometer (Km) itu dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja.

"Kita merasakan nikmatnya pengalaman pertama naik kereta MRT dari HI sampai Lebak Bulus sepanjang 16 Km ditempuh 30 menit. Kami senang sekali. Ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan secara signifikan sehingga dapat menekan efisiensi dalam menempuh perjalanan masyarakat kota Jakarta," kata Sri Mulyani usai menjajal MRT di Jakarta, Rabu (6/2).

Sri Mulyani mengatakan, dengan beroperasinya MRT ini juga akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi, di setiap titik stasiun sudah banyak pihak swasta yang ingin masuk untuk membuka gerai di dalam stasiun.

"Tadi saya sudah minta tim Kemenkeu dan PT MRT untuk kita mulai menghitung dampak ekonominya. Karena ini merupakan sesuatu yang baru, sehingga nanti kita bisa melihat berapa dampak ekonomi dari infrastruktur ini, yang akan bisa kita hitung entah dari nilai propertinya, dari kegiatan ekonominya, atau yang sudah sering digunakan adalah waktu tempuh dari 130 ribu orang yang akan menggunakan fasilitas ini," bebernya.

Seperti diketahui, saat ini, 99 persen persiapan di stasiun bawah tanah dan depo serta stasiun layang MRT sudah selesai. Setelah beroperasi, proyek senilai Rp16 triliun ini akan memiliki 16 rangkaian kereta dengan enam gerbong di setiap rangkaian perjalanan dan dapat menampung 1.200 hingga 1.800 orang per rangkaian.

"Saya menyambut gembira bahwa persiapan untuk launching MRT berjalan sangat baik, di mana hampir semua pejabat ikut melihat, dan tentu kita akan menggunakan platform MRT ini," pungkasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini