Ridwan Kamil: Pendapatan Kuntilanak di Asia Afrika Mencapai Rp5 Juta

Senin, 10 Februari 2020 17:11 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ridwan Kamil: Pendapatan Kuntilanak di Asia Afrika Mencapai Rp5 Juta ridwan kamil. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut bahwa pariwisata saat ini tak melulu soal kemewahan. Sebab, beragam inovasi telah lahir untuk mendatangkan orang banyak dan berkunjung ke suatu tempat tertentu dengan cara sederhana.

"Karena lahir pariwisata baru namanya selfie ekonomi. Di mana ada objek foto di situ wisatawan datang," kata dia dalam acara Munas PHRI di Karawang, Jawa Barat, Senin (10/2).

Dia mencontohkan, di Bandung sendiri ada salah satu daerah yang dianggap sederhana namun mengundang banyak orang datang. Salah satunya yakni di kawasan jalan Asia Afrika.

"Jalan Asia Afrika sekarang jadi pariwisata hantu-hantu cosplay. Pendapatan kuntilanak itu bisa mencapai Rp5 juta per orang," katanya.

1 dari 1 halaman

Diterapkan di Desa Kuningan

desa kuningan rev1

Tak hanya itu, bahkan selfie ekonomi ini juga diterapkan di sebuah Desa Kuningan berada di Bandung. Keindahan bukit di kawasan tersebut menjadi daya tarik masyarakat berkunjung ke desa tersebut.

Dengan antusias masyarakat tersebut, kemudian membuat kepala desa setempat memanfaatkan peluang. Setiap orang berkunjung dikenakan biaya yang tidak begitu besar yakni Rp10.000 untuk mendapatkan spot bagus.

"Sangkin indahnya bukit orang berselfie kepala desanya beri tarif Rp10.000 setiap orang yang datang di bukit itu. Ternyata setahun pendapatan desa itu dari wisata berfoto saja Rp1,5 miliar masuk ke kas desa. Ini akan kami kembangkan terus termasuk homestay mengajak warga memperbaiki kualitas rumahnya untuk singgahi," katanya. [idr]

Baca juga:
Dampak Virus Corona, Industri Perhotelan RI Kehilangan Pendapatan Rp2,7 Triliun
Tingkatkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Didesak Aktifkan Badan Promosi
Tangkal Dampak Virus Corona, Wapres Ma'ruf Minta PHRI Lakukan Inovasi
Wapres Ma'ruf Ingin Indonesia Jadi Kiblat Wisata Halal Dunia
Di Munas PHRI, Wapres Ma'ruf Tekankan Pengembangan Pariwisata Lewat Skema 3A
Kerugian Pariwisata Akibat Virus Corona Ditaksir Rp54 T, Rp38 T dari Turis China

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini