Pria di Balik Kesuksesan PUBG, Bakal Jadi Miliuner Berharta Rp50 Triliun

Kamis, 24 Juni 2021 07:30 Reporter : Merdeka
Pria di Balik Kesuksesan PUBG, Bakal Jadi Miliuner Berharta Rp50 Triliun PUBG Mobile. ©2018 Money Control

Merdeka.com - Perusahaan di balik PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Krafton berencana akan melantai di bursa pada bulan depan. Langkah ini akan semakin menambah pundi kekayaan sang Chairman sekaligus salah satu pemilik Krafton, Chang Byung-gyu.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Byung-gyu bisa mencapai USD 3,5 miliar atau berkisar Rp50,4 triliun jika harga penawaran umum perdana perusahaan di atas kisaran yang diberikan dalam pengajuan IPO.

Krafton saat ini berusaha mengumpulkan pendanaan sebanyak 5,6 triliun won atau sekitar USD 4,9 miliar di Seoul dan diperkirakan akan menjadi IPO terbesar di Korea Selatan (Korsel).

Pendiri Krafton tersebut akan memiliki 14 persen saham setelah penawaran perdana. IPO ini juga akan memberikan keuntungan untuk sejumlah orang termasuk istri Byung-gyu hingga Chief Executive Officer Kim Chang-han dan Tencent Holdings Ltd. Tencent saat ini merupakan salah satu pemilik saham Krafton.

IPO Krafton ini merupakan gambaran tentang bagaimana landskap kekayaan berubah di Korsel, yaitu ketika wirausahawan teknologi mandiri masuk ke daftar orang terkaya di negara tersebut. Orang kaya di Korsel selama ini didominasi konglomerat yang dikendalikan keluarga.

"Kekayaan yang diwariskan bukan lagi satu-satunya cara menjadi kaya," kata pimpinan perusahaan riset korporasi Leaders Index di Seoul, Park Ju-gun. Tipe kekayaan baru ini disebut menambah dinamisme ekonomi Korsel.

"Para pengusaha yang membangun bisnis mereka dari awal cenderung lebih banyak berhubungan dengan masalah ketidaksetaraan. Mereka juga menderita untuk sampai di tempat mereka sekarang," kata Park.

Pihak Krafton belum memberikan komentar terkait rencana IPO ini.

Sementara itu, kekayaan CEO Kim akan bisa mencapai USD 336 juta. Saham yang dimiliki oleh istri Byung-gyu, Chung Seung-hye, dapat bernilai hingga USD 206 juta. Sementara 13 persen kepemilikan saham Tencent dapat bernilai hingga USD 3,3 miliar.

Baca Selanjutnya: Perjalanan Bisnis...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Orang Terkaya
  3. PUBG
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini