Presiden Jokowi: Stimulus Ekonomi Harus Menjangkau Tambal Ban Hingga Tukang Gorengan

Kamis, 30 April 2020 13:33 Reporter : Merdeka
Presiden Jokowi: Stimulus Ekonomi Harus Menjangkau Tambal Ban Hingga Tukang Gorengan Jokowi ikut KTT ASEAN Khusus Tentang Covid-19. ©Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah menyiapkan program stimulus ekonomi bagi pelaku usaha yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Presiden Jokowi menekankan bahwa stimulus ekonomi ini harus bisa menjangkau seluruh para pelaku usaha.

"Saya ingatkan yang harus dibantu bukan hanya usaha kecil, menengah dan besar saja. Tapi juga usaha mikro dan ultra mikro. Program stimulus ekonomi juga harus menjangkau sektor informal, pedagang kaki lima (PKL), tukang gorengan, tambal ban, warung-warung kecil," jelas Presiden Jokowi dalam pembukaan Musrembangnas melalui video conference, Kamis (30/4).

Presiden Jokowi mengatakan saat ini jumlah para pekerja informal sangat besar. Dia menyebut, berdasarkan data Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), jumlahnya mencapai 40 juta. "Sebagian besar dari mereka tidak bersentuhan dengan bank atau lembaga keuangan. Ini juga harus kita perhatikan," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Presiden Jokowi Minta Pemda Ikut Perkuat Stimulus Ekonomi Pusat

minta pemda ikut perkuat stimulus ekonomi pusat

Saat ini, kata Presiden Jokowi, pemerintah telah menyiapkan program stimulus ekonomi agar pelaku usaha dapat bertahan dan mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Mulai dari, insentif perpajakan, restrukturisasi kredit serta relaksasi impor bahan baku.

"Saya minta gubernur di setiap daerah merancang program sama untuk menambah, memperkuat dan memperluas program stimulus yang disiapkan pemerintah pusat," jelas Presiden Jokowi.

Meski begitu, dia meminta agar program stimulus ekonomi di daerah dilakukan dengan skema yang jelas, transparan dan terukur. Presiden Jokowi meminta agar kepala daerah mendata sektor apa yang mendapat stimulus serta stimulus apa yang didapat pelaku usaha.

"Jangan sampai hanya mau mendapat stimulus tapi tetap PHK pekerjanya. Saya juga minta verifikasi dengan benar dan evaluasi paket stimulus yang sudah diberikan sehingga benar berdampak terhadap jutaan tenaga kerja yang bergantung pada sektor riil," tutur Presiden Jokowi.

Reporter: Lisza Egeham

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Sri Mulyani Catat Dana Asing yang Kabur dari SBN Capai Rp 120 Triliun
Pertama Dalam Sejarah, Musrembangnas 2020 Digelar Secara Virtual
Disetop Polisi, Truk Angkut Pemudik ke Rangkasbitung Disuruh Putar Balik
BNPB Tunggu Hasil Swab Pastikan Pegawai Terinfeksi Covid-19
Ciptakan Lagu Dukungan Lawan Covid-19, Ini Potret Keren Paskhas Jingga Band TNI AU
Mulai 1 Mei, Pegadaian Bebaskan Bunga Pinjaman Hingga Rp 1 Juta Selama 3 Bulan
Pemulihan Sosial Ekonomi Pasca Corona Jadi Fokus di RKP 2021

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini