Presiden Jokowi: Kita Harus Bertumpu pada SDM

Jumat, 7 Desember 2018 16:44 Reporter : Supriatin
Presiden Jokowi: Kita Harus Bertumpu pada SDM Presiden jokowi. ©2017 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tahun depan pemerintah akan membangun sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Dia menyebut, SDM merupakan salah satu kunci kemajuan bangsa.

"Kita ingin besar-besaran seperti membangun infrastruktur," ungkapnya saat menerima peserta Konferensi Mahasiswa Nasional di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/12).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, sumber daya alam (SDA) Indonesia sangat melimpah. Namun, karena kualitas SDM masih kurang masyarakat Indonesia tidak bisa berkembang.

"Jangan sampai kita ini hanya tergantung terus pada sumber daya alam kita, enggak. Terlalu memanjakan, kita harus bertumpu pada sumber daya manusia," kata dia.

Adapun langkah membangun SDM, pemerintah berencana mengirim mahasiswa keluar negeri untuk melanjutkan pendidikan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mencatat sebanyak 6.000 mahasiswa yang bakal dikirim ke Taiwan tahun 2019.

"Ini baru satu menteri. Ke mana lagi, Jerman berapa ribu? Saya enggak mau hitungan puluh, hitungan ratus, ribuan," ucapnya.

Jokowi melanjutkan, pembangunan SDM akan dilakukan secara maksimal untuk menyambut Indonesia emas di 2045. Jokowi ingin, kualitas anak bangsa di tahun tersebut betul-betul bisa bersaing dengan masyarakat dunia.

"Apa yang ingin kita kerjakan untuk ini, mempersiapkan Indonesia di 2045. Jangan sampai kita terjebak sebagai negara dengan pendapatan menengah," tegas Jokowi. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini