Perum Damri berencana hadirkan bus bisa berjalan di atas air

Kamis, 5 April 2018 16:09 Reporter : Anggun P. Situmorang
Perum Damri berencana hadirkan bus bisa berjalan di atas air bus amfibi. ©2018 cheria-travel.com

Merdeka.com - Perum Damri berencana melakukan pengadaan sejumlah bus amfibi di Indonesia. Bus yang juga bisa berjalan di air ini telah banyak dipakai di luar negeri. Namun demikian, rencana tersebut masih dalam tahap pengajuan kepada Kementerian Perhubungan.

"Kita sudah tulis surat ke Kementerian Perhubungan tapi belum direspon karena pasti harus ada izin dan uji prototipe dari mereka," ujar Direktur Utama Perum Damri, Setia Milatia, saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (5/4).

Milatia mengatakan, bus amfibi nantinya diperuntukkan bagi daerah yang sebagian besar wilayahnya dekat dengan perairan. Pengadaan bus ini diyakini akan sangat membantu masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari.

"Untuk daerahnya seperti Kalimantan juga di beberapa tempat yang banyak sungainya memang bus seperti itu sangat tepat. Apalagi selama ini mau nyebrang pakai bus biasa otomatis mesinnya masuk air," jelasnya.

Milatia menambahkan, pengadaan bus ampibhi nantinya membantu kinerja bus perintis yang banyak beroperasi di daerah. Dia juga menambahkan, perusahaan tidak menargetkan untung dari keberadaan bus tersebut.

"Masalahnya sebenarnya bukan soal untung tak untung. Kita kan perpanjangan tangan pemerintah untuk mobilisasi masyarakat untuk ke pasar, sekolah dan aktivitas lain," jelasnya.

"Kalau belum pernah ke daerah memang belum bisa bayangin gimana sulitnya konektivitas di daerah. Luar biasa karena mereka turun gunung, lewat sungai hanya untuk mencapai sekolah dan pasar. Dan jalannya berat," tambahnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini