Pertama kalinya, pemerintah buka lowongan CPNS untuk diaspora

Kamis, 6 September 2018 14:49 Reporter : Merdeka
Pertama kalinya, pemerintah buka lowongan CPNS untuk diaspora CPNS Surabaya. ©2013 Merdeka.com/Moch Andriansyah

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK telah menetapkan formasi rekrutmen CPNS 2018. Di mana, penerimaan CPNS ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. Sebanyak 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada yang berbeda dalam rekrutmen CPNS kali ini, yaitu masuknya diaspora sebagai penerimaan formasi khusus.

"Jadi ini untuk menarik warga kita yang selama ini berkiprah di negara lain untuk kembali ke negerinya dan membantu meningkatkan kualitas PNS kita. Ini baru dan tidak ada di rekrutmen sebelumnya," kata Setiawan di Hotel Bidakara, Kamis (6/9).

Terkait dengan pelamar diaspora, dialokasikan untuk formasi jabatan peneliti, dosen, dan perekayasa dengan pendidikan minimal Strata 2. Khusus untuk perekayasa, dapat dilamar dari lulusan Strata 1.

Tidak hanya diaspora, demi menepati janji pemerintah kepada para atlet berprestasi di Asian Games 2018. Dalam formasi khusus ini juga dimasukkan kategori atlet berprestasi.

Dengan demikian formasi khusus yang dibuka dalam rekrutmen CPNS 2018 ini adalah lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan eks tenaga honorer kategori II yang memenuhi persyaratan.

"Kita harapkan kuota untuk formasi khusus ini di pemerintah pusat bisa mencapai 10 persen dan 5 persen di pemerintah daerah," ujar Setiawan.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini