Perluas Pasar Ekspor, Sarinah Incar Afrika Selatan dan Arab Saudi

Selasa, 19 Maret 2019 14:09 Reporter : Merdeka
Perluas Pasar Ekspor, Sarinah Incar Afrika Selatan dan Arab Saudi Direktur Ritel PT Sarinah Lies Permana Lestari. ©Liputan6.com/Athika

Merdeka.com - PT Sarinah (Persero), di 2019, menargetkan kerjasama dengan Afrika Selatan dan Arab Saudi untuk perluasan pasar dan meningkatkan ekspor. Saat ini, Sarinah telah menjalin kerjasama internasional dengan negara di Asia Tenggara seperti Singapura.

"Sekarang kita sudah kerjasama dengan Singapura dan beberapa negara lain di Asia Tenggara, lalu Afrika Selatan kita akan bidik itu karena potensinya bagus sekali, tapi masih penjajakan. Lalu Saudi (Arabia) juga masih penjajakan," jelas Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari, di Gedung Sarinah Departemen Store, Selasa (19/3).

Potensi ekspor Indonesia di industri tekstil memang sangat besar. Bahkan, industri tekstil menyumbang 1,8 persen terhadap produk domestik bruto (PDB), menurut data Kementerian Perindustrian. Kesempatan ini tentunya akan dimanfaatkan oleh Sarinah, bukan hanya mengejar laba namun mengenalkan budaya Indonesia ke dunia.

Hingga saat ini, Sarinah telah merangkul 1.200 UMKM yang fokus memproduksi wastra batik maupun tenun dan kerajinan khas Indonesia lainnya. Diharapkan jumlahnya akan terus bertambah guna melestarikan produk dan budaya Indonesia. "Jumlah UMKM yang aktif saat ini ada sekitar 1.200, dan ada juga yang dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang mungkin jumlahnya bertambah," tambah Lies.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini