Penjelasan Menteri Sri Mulyani Soal Gaji ke-13 PNS yang Tak Kunjung Cair

Senin, 20 Juli 2020 17:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Penjelasan Menteri Sri Mulyani Soal Gaji ke-13 PNS yang Tak Kunjung Cair Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengaku belum bisa memastikan kapan pencairan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa dilakukan. Sebab, saat ini pemerintah masih fokus dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.

Padahal, tahun-tahun sebelumnya pencairan gaji ke-13 selalu dilakukan pada Juli atau saat memasuki tahun ajaran baru. Namun, hingga kini pemerintah masih belum memutuskan untuk mencairkan gaji ke-13.

"Gaji ke-13 melihat keseluruhan cara kita eksekusi dalam hal ini akan melakukan evaluasi gimana gunakan anggaran negara semaksimal mungkin. Jadi nanti lihat gaji ke-13," kata Menteri Sri Mulyani dalam APBN kita di Jakarta, Senin (20/7).

2 dari 2 halaman

Pencairan Diprediksi November

november

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo memastikan, Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetap akan memperoleh gaji ke-13 pada tahun ini. Abdi negara tetap mendapatkan gaji tambahan lantaran hal tersebut sudah tercantum dalam anggaran 2020.

Dia juga mengatakan kepastian pembayaran gaji ke-13 untuk PNS baru akan diputuskan pada Oktober 2020 melalui sebuah peraturan pemerintah (PP). Proses pencairannya diperkirakan bakal dilakukan pada akhir kuartal IV tahun ini, atau sekitar November-Desember 2020.

"Terkait gaji ke-13, itu nanti bulan Oktober diputuskannya. Diputuskan itu berarti terbit PP," kata Yustinus kepada Liputan6.com, Selasa (26/5).

[bim]

Baca juga:
Pada DPR, Menteri Sri Mulyani Lapor Anggaran Tunjangan Guru Telah Cair 30 Persen
Sekda DKI Pastikan Gaji PPSU Tak akan Dipotong, Ini Alasannya
Anies Pangkas 25 Persen Tunjangan PNS DKI Imbas Covid-19 Hingga Akhir 2020
Fakta-Fakta Gaji Ke-13 PNS 2020, Salah Satunya Bakal Turun di November
Jika Diberikan, Gaji Ke-13 PNS Cair Paling Cepat November 2020
Pemerintah Baru Putuskan Nasib Gaji Ke-13 PNS di Oktober
THR PNS Dipastikan Cair Paling Lambat H-5 Lebaran 2020

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini