Pemerintah Serahkan Surat Presiden Terkait Pemindahan Ibu Kota ke DPR

Rabu, 29 September 2021 17:07 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pemerintah Serahkan Surat Presiden Terkait Pemindahan Ibu Kota ke DPR Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menegaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang mengantisipasi dampak perubahan iklim, dan pelestarian ekosistem lingkungan hidup.

Menurut Suharso, usai menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim dibangun dengan perhitungan cermat untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan hidup, sosial, budaya, ekonomi dan tata kelola pemerintahan.

"Mudah-mudahan bisa menjadi kota di dunia ini, semua yang disampaikan, mengakomodasi kemajuan-kemajuan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga apa yang berkembang di muka bumi," ujarnya dikutip dari Antara, Rabu (29/9).

Suharso dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno menyerahkan langsung Surpres RUU IKN kepada Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Selain mengakomodasi prinsip pelestarian lingkungan, ujar Suharso, IKN baru juga akan memberikan peluang inovasi di beragam sektor, terutama sektor-sektor yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di bidang budaya, IKN akan memfasilitasi ragam budaya yang dimiliki Indonesia.

"Karena itu gravitasi budaya nasional akan kita wujudkan di dalam ibu kota negara dan calon ibu kota negara," tuturnya.

Tata kelola pemerintahan di IKN juga akan mencerminkan pemerintahan yang efektif dan terbuka, serta mengedepankan pelayanan publik.

"Apalagi dengan situasi pandemi Covid-19, kita belajar banyak hal-hal yang perlu kita perbaiki," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Terus Berjalan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sejumlah kesempatan mengatakan upaya pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur terus berjalan.

Pada 24 Agustus 2021, Presiden bersama sejumlah menterinya meninjau langsung infrastruktur penunjang yakni sodetan akses jalan di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda menuju IKN.

"Agenda ibu kota baru ini tetap dalam rencana," ujar Presiden Jokowi saat itu, yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. [idr]

Baca juga:
DPR Terima Surpres RUU IKN, Puan Sampaikan Sejumlah Catatan
Fraksi Demokrat Minta Pemerintah Tunda Rencana Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan
Proyek Ibu Kota Baru Masuk Prioritas, Dapat Anggaran Rp510,79 M Tahun Depan
Kementerian PUPR Mulai Bangun Infrastruktur Penunjang di Ibu Kota Baru
CEK FAKTA: Hoaks Suku Dayak Usir Rencana Bangun Ibu Kota di Kalimantan
Kemenkeu Belum Tentukan Pemanfaatan Aset Instansi yang Pindah ke Ibu Kota Baru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini