Pemerintah kaji pemberian subsidi penyambungan listrik di 2019

Selasa, 24 Juli 2018 14:13 Reporter : Merdeka
Pemerintah kaji pemberian subsidi penyambungan listrik di 2019 pln. Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah berencana memberikan suntikan subsidi pemasangan listrik golongan pelanggan 450 volt ampere (va) dan 900 va untuk masyarakat tidak mampu. Jika rencana ini akan dilakukan, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memasukkan anggarannya untuk tahun depan.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengatakan saat ini masih ada masyarakat yang belum menikmati listrik, karena tidak mampu membayar biaya penyambung‎an listrik. "Biaya sambung tidak usah di Halmahera Barat, di Jawa Barat saja ada rumah ada sambungan listrik, tapi dia tidak sambung masalah kemampuan bayar biaya sambung mungkin Rp 1-1,5 juta," kata Menteri Jonan‎ di Jakarta, Selasa (24/7).

Anggaran subsidi penyambungan listrik rencananya dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja (RAPBN) 2019. Jika dikabulkan, maka jumlah masyarakat yang menikmati listrik akan bertambah.

‎"Kalau ditanya transparansi subsidi ini sudah transparan kok, yang tidak ada subsidi untuk bayar sambungan baru untuk rumah tangga tidak mampu, kalau mau dimasukan di 2019," tuturnya.

Menurut Menteri Jonan, anggaran subsidi penyambungan listrik baru untuk masyarakat tidak mampu tidak besar, jika setiap penyambungan listrik disubsidi Rp 2 juta sedangkan jumlah rumah yang akan disambung ada 10.000 unit maka anggaran yang dibutuhkan hanya Rp 20 miliar.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini