Pemerintah Jokowi Beri Sinyal Harga BBM Naik Pertengahan Tahun 2019

Jumat, 30 November 2018 16:14 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pemerintah Jokowi Beri Sinyal Harga BBM Naik Pertengahan Tahun 2019 Harga BBM. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution melihat ada kemungkinan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak ( BBM) pada pertengahan 2019. Hal ini sesuai dengan prediksi sejumlah ekonom yang menyebut kenaikan harga BBM akan terjadi setelah pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Jadi, kalau soal harga BBM ya nanti lah. Ini kan paling juga setelah dalam pertengahan tahun, naik," ujar Menko Darmin saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (30/11).

Meski demikian, rencana kenaikan BBM ini masih perlu dipertimbangkan dengan matang. Sebab jika dinaikkan akan berdampak pada kenaikan inflasi. Di mana inflasi disumbang oleh volatile food dan administer prices. Harga BBM sendiri masuk ke dalam administer prices.

"Pelihara supplynya, artinya kalau kita produksinya bagus untuk volatile food mestinya tidak ada apa-apa, harga tenang-tenang saja. Tapi kalau enggak bagus ya harus cepat ambil keputusan, itu saja. Nah memang kadang kecepatan ambil keputusan itu yang tarik menarik," katanya.

Untuk diketahui, pemerintah pada tahun ini menahan kenaikan harga BBM bersubsidi. Adapun di tahun depan, anggaran subsidi energi sebesar Rp 159,9 triliun, lebih rendah dari outlook tahun ini sebesar Rp 163,5 triliun. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini