Kini Masyarakat Lumbis Nunukan Bisa Nikmati BBM Satu Harga

Jumat, 30 November 2018 13:09 Reporter : Anwar Khumaini
Kini Masyarakat Lumbis Nunukan Bisa Nikmati BBM Satu Harga Penyaluran BBM satu harga. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Kabar baik bagi masyarakat Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Mereka bisa berlega hati dengan hadirnya Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di daerahnya, berbarengan diresmikannya SPBU Kompak Krayan. Karena Selain Krayan Lumbis menjadi salah satu daerah penyaluran program BBM Satu Harga yang sedang diprogramkan Pemerintah.

BBM Satu Harga meruoakan program nasional yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Program BBM satu harga ini menyisir 3 T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Peresmian SPBU Kompak 66.774.005 di Kec. Lumbis dan SPBU Kompak 66.774.006, Kec. Krayan ini adalah bentuk mewujudkan Keadilan Sosial tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana usai meresmikan 2 SPBU Kompak di Kecammatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kamis (29/11).

"Ini adalah perintah langsung dari Presiden yaitu ingin mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dari Sabang samapai Merauke harga BBM ingin sama rata dan peresmian ini adalah bentuk mewujudkan keadilan sosial tersebut," ujarnya.

Hadir dalam peresmian Asisten 1 Pemerintah Daerah Kab. Nunukan Hanafiah, Tenaga Ahli Menteri ESDM Dian Wirengjurit, Narcicy Makalew Staf Humas BPH Migas, Sales Exsecutive PT Pertamina Persero Andi Reza Ramadhan Kapolsek, Muspida dan Muspika Nunukan dan Lumbis, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta masyarakat khusunya Kec Lumbis.

Dadan menjelaskan peresmian di Kec.Lumbis dan Kec.Krayan ini merupakan titik ke 102 dan 103 dari 160 titik yang direncanakan hingga tahun 2019 mendatang. Untuk Prov Kalimantan Utara sendiri masih akan ada 2 daerah yang menjadi titik Penyaluran BBM Satu Harga yaitu di Kec. Kayan dan di Bulungan.

Dadan berharap dengan adanya SPBU ini masyarkat dapat mudah memperoleh BBM dengan harga normal yaitu untuk premium sebesar Rp 6.450 sedangan untuk solar sebesar Rp 5.150 /liter tidak lagi membeli dieceran dengan harga lebih tinggi.

Hanafiah mengatakan selama ini masyarakat membeli BBM dieceran denga harga berkisar Rp 10.000 hingga Rp 30.000, karena memang masyarakat di Lumbis ini jarak ke SPBU lumayan jauh, dimana SPBU hanya berada di daerah Nunukan yang bisa di tepuh dengan waktu sekitar 1 jam. Apalagi daaerah Krayan lebih jauh lagi jika akan membeli BBM ke daerah Nunukan.

"Harga di Krayan bervariasi yaitu Rp15.000-Rp25.000 bahkan bisa mencapai Rp.30.000, ini BBM dari negara tetangga" ungkapnya.

Hanafiah berharap dengan adanya SPBU ini kegiatan perekonomian akan terus berkembang dan berpesan kepada masyarakat ikut membantu mengawasi agar program ini terus berjalan dan tepat sasaran. [paw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini