Pasar modal beroperasi penuh lebih awal usai libur Lebaran, di 20 Juni

Senin, 7 Mei 2018 10:43 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pembukaan bursa saham 2018. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - <p>Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, transaksi pasar modal beroperasi secara normal pada tanggal 20 Juni 2018. Hal tersebut juga berlaku terhadap perbankan dengan ketentuan terbuka terbatas sesuai ketentuan Bank Indonesia.

"Untuk tanggal 20 diusahakan dibuka seperti biasa, 19 sudah diputuskan kriling dibuka jadi bank sudah bisa melakukan settelment tanggal 19. Jadi kalau mau lakukan transaksi di bursa tanggal 20 sudah ready," ujarnya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (7/5).

"Sektor jasa keuangan terutama perbankan, ini bukan yang pertama. Perbankan meskipun ada cuti bersama, perbankan tetap lakukan pelayanan kepada masyarakat. Jadi sekarang sudah ada ATM, ada bank yang buka, jadi sektor perbankan tidak ada masalah," tambahnya.

Wimboh mengatakan pengoperasian secara normal untuk perbankan hingga kini masih terus diatur bersama Bank Indonesia. Sehingga, hal tersebut tidak mengganggu aktivitas perbankan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan pengusaha.

"Kita akan koordinasi dengan BI berkaitan dengan hari kliring, bisa terjadi saat cuti bersama. Perbankan buka secara terbatas dan kliring dibuka tapi nanti ini pembicaraan dengan Bank Indonesia akan dibicarakan secara bersama," tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan cuti bersama sebanyak tujuh hari dimulai 11, 12, 13, 14, 18, 19, 20 Juni. Namun untuk perbankan dan bursa efek akan dibuka mulai tanggal 20 Juni 2018.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini